Skip to main content

Ilmu Pring

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat undangan dari green peace untuk datang di acara ‘Solarizing Borobudur’. Acara itu merupakan acara untuk menerangi borobudur tanpa menggunakan listrik PLN, tapi menggunakan cahaya matahari.

Di akhir acara ada penampilan dari jogja hiphop foundation. yang membuat saya menyimak adalah setiap lagunya mengandung makna yang sangat bagus. terutama yang berjudul ‘ilmu pring’. berikut liriknya, dan saya mencoba untuk mengartikan dalam bahasa Indonesia.

-------------------------

pring reketeg gunung gamping ambrol
ati kudu teteg ja nganti uripmu kagol…
pring reketeg gunung gamping ambrol
uripa sing jejeg nek ra eling jebol…


maknanya kurang lebih sebagai berikut:
batang pohon bambu bergemeretak, maka runtuhlah gunung kapur. ini merupakan sebuah mantra jaman dahulu untuk merobohkan candi-candi di gunung kidul. saat menjalani kehidupan harus tetap dan lurus jangan sampai menyerah, kalo tidak ingat pada tuhan maka hidup akan tersesat.



pring deling, tegese kendel lan eling…
kendel marga eling, timbang nggrundel nganti suwing
pring kuwi suket, dhuwur tur jejeg…
rejeki seret, rasah dha buneg
pring ori, urip iku mati…
kabeh sing urip mesti bakale mati
pring apus, urip iku lampus…
dadi wong urip aja seneng apus-apus
pring petung, urip iku suwung…
sanajan suwung nanging aja padha bingung
pring wuluh, urip iku tuwuh…
aja mung embuh, ethok-ethok ora weruh
pring cendani, urip iku wani…
wani ngadepi, aja mlayu marga wedi
pring kuning, urip iku eling…
wajib padha eling, eling marang Sing Peparing


maknanya kurang lebih sebagai berikut:
pring deling, kendel lan eling yang memiliki arti berani dan ingat. Berani karena ingat daripada mengeluh sampai bibir sumbing. bambu itu sejatinya hanyalah sebuah rumput, namun rumput yang tinggi dan kuat. saat rejeki susah, tidak perlu mengeluh. Hidup itu sejatinya menuju kematian. semua yang hidup itu pasti bakal mati. (seperti yang tertera dalam alquran qs ali imron ayat 185, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati). bambu apus (bambu kosong) hidup itu kosong, jadi orang hidup jangan suka berbohong. meskipun hidup itu hampa namun janganlah bingung. Hidup itu pelajaran. jangan sampai hidup itu tidak mau tau dan pura-pura tidak tau. hidup itu berani. berani menghadapi masalah jangan sampai lari karena takut. hidup itu ingat. wajib saling mengingatkan, dan ingat kepada tuhan yang maha memberi.


pring iku mung suket,
ning omah asale seka pring,
usuk seka pring,
cagak seka pring,
gedhek iku pring,
lincak uga pring,
kepang cetha pring,
tampare ya mung pring…
kalo, tampah, serok, asale seka pring…
pikulan, tepas, tenggok, digawe nganggo pring…
mangan enak, mancing iwak, walesane ya pring…
jangan bung, aku gandrung, jebule bakal pring…


maknanya kurang lebih sebagai berikut:
bambu itu sebenarnya hanyalah sebuah rumput. namun sebuah rumah berasal dari bambu. rangka atap berasal dari bambu, pondasi juga dari bambu, dinding dari bambu, kursi juga dari bambu, tali (tampar) juga dari bambu. tampah, serok untuk memasak berasal dari bambu. pikulan, tempat untuk jualan, tepas, juga berasal dari bambu. makan enak, memancing ikan, itu untuk memancing namanya welasan, juga berasal dari bambu. sayur bung (bambu muda) yang sangat enak itu juga bambu.


nek ngono pancen penting, kabeh sing nang nggon wit pring
pancen penting tumraping manungsa sing dha eling
eling awake, eling pepadhane, eling patine, lan eling Gustine…
wong urip kudu eling, iso urip seka pring
tekan titi wancine ya digotong nganggo pring
bali nang ngisor lemah, padha ngisor oyot pring
mulane padha eling, elinga Sing Peparing…


maknanya kurang lebih sebagai berikut:
kalau begitu memang penting semua unsur dari pohon bambu, memang penting untuk semua manusia yang selalu ingat. ingat akan dirinya sendiri, ingat kepada sesama, ingat kematiannya, dan ingat akan tuhannya. manusia hidup harus selalu ingat, bisa hidup seperti pohon bambu sampai pada batas waktunya akan ditandu menggunakan bambu, kembali dikubur di bawah tanah sama seperti akar bambu. untuk itu haruslah kita selalu ingat, ingat kepada sang pemberi yaitu tuhan yang maha esa


ora bakal bubrah marga iso melur…
kena dinggo mikul, ning aja ketungkul
urip kuwi abot, ja digawe abot…
akeh repot, sak trek ora amot
mulane uripmu aja dha kaku…
melura, pasraha, ra sah dha nesu
aja mangu-mangu ning terus mlaku…
sanajan ro ngguyu aja lali wektu
kowe bakal bisa urip rekasa…
ning kudu percaya uga sregep ndonga
Gusti paringana, luwih pangapura…
marang kawula ingkang kathah lepat lan dosa
aja nggresula, aja wedi
dudu kowe, ning Gusti sing mesti luwih ngerti…
ngatur urip lan mati,
nyukupi rejeki,
paring tentreming ati,
cukup sandang pangan papan,
bakal mukti pakarti…


maknanya kurang lebih sebagai berikut:
pohon bambu tidak akan putus karena bisa lentur. bisa dibuat memikul tapi jangan terlena. hidup itu berat namun jangan dibuat berat. banyak kesibukan sampai-sampai kalo masalah dikumpulkan dalam sebuah truk tidak akan muat. maka dari itu hidup jangan kaku, luwes saja, ikut berpasrah diri tidak usah marah-marah. tidak perlu ragu-ragu namun terus berjalan. meskipun santai sambil tersenyum, jangan sampai lupa waktu, karena kita bisa hidup sengsara, namun harus positif thinking dan tetap terus berdoa, ‘tuhan berilah ampunanmu kepada kami semua yang banyak lupa dan dosa’. jangan mengeluh, jangan takut. bukan kamu tapi tuhan yang lebih tau urusan hidup dan mati, mencukupkan rejeki, memberi ketentraman hati, mencukupkan pakaian makanan dan tempat tinggal, dan akan mendapatkan pahala dan berkah.


super sekali nih group hiphop. butuh kurang lebih 1 minggu saya mencari pengertiannya.
*kalo ada kesalahan dalam mengartikan mohon koreksinya ya kawan…

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya . Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini : 1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap? 2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir,

Desa Wisata Petungulung, Margopatut, Nganjuk

Hari ini tadi saya mengikuti sebuah diskusi tentang UKM dan beberapa Bank di Nganjuk bersama salah seorang anggota DPD RI. Ditengah diskusi tersebut ada seorang wanita yang mengutarakan uneg-unegnya mengenai sebuah kawasan desa wisata di Kabupaten Nganjuk, sebut saja Bu Ima. Nah dari penjelasan beliau, saya langsung berkata dalam hati " waiki... "  Saya jadi banyak teringat masa lalu saat di Jogja, begitu banyak desa wisata di sana, tapi di Nganjuk belum ada, sampai-sampai saya dan seorang kawan beberapa bulan lalu punya ide buat bikin ini. Tapi belum jadi-jadi, maklum kurang gerak sih... Bersama Pak Camat Sawahan Setelah acara selesai dan saat saya mau pulang, di parkiran tiba-tiba saya diajak seorang kawan untuk ngelihat sebuah desa wisata baru di daerah Kec Sawahan itu. Kawasan ini baru diresmikan sekitar bulan April 2016. Masih kinyis-kinyis tentunya, langsung aja berangkat kesana. Ternyata semobil sama bu Ima tadi. Ngobrol-ngobrol di dalam mobil, saya ambil

Ketika Anak Bertanya Tentang Allah

Allah itu Siapa? Utamanya pada masa emas 0-5 tahun, anak-anak menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan, yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi “tak mau tahu” alias ignoran, hehehe). Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya… Berikut ini saya ketengahkan beberapa pertanyaan yang biasa anak-anak tanyakan pada orang tuanya: Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Tanya 2: “Bu, Bentuk Allahitu seperti apa?” Tanya 3: “Bu, Kenapa kita gak bisa lihat Allah?” Tanya 4: “Bu, Allah itu ada di mana?” Tanya 5: “Bu, Kenapa kita harus nyembah Allah?”