Berikut
6 (enam) elemen penting dalam membangun lingkungan kerja yang sehat:
1.
Kejelasan Misi
Visi dan misi organisasi/perusahaan harus dimengerti oleh setiap karyawan.
Masing-masing karyawan juga harus tahu persis misinya dan bagaimana misi
tersebut memberikan kontribusi pada misi organisasi/perusahaan. Setiap karyawan
harus bisa merasakan bahwa mereka memainkan peranan penting dalam pencapaian
misi organisasi/perusahaan.
2.
Fleksibilitas
Proses persetujuan dan prinsip kehati-hatian diperlukan di setiap
organisasi/perusahaan. Namun demikian, proses tersebut harus tepat guna dan
efisien. Proses persetujuan yang terlalu birokratis dan berbelit-belit akan
mematikan inisiatif-inisatif baru. Setiap karyawan harus dirangsang untuk
menemukan cara-cara baru yang lebih inovatif dan efisien.
3.
Tanggung Jawab
Karyawan
akan bekerja lebih baik bila diberi wewenang dan tanggung jawab. Setiap
inisiatif baru mengandung risiko. Keterampilan, wewenang dan tanggung jawab
akan membuat risiko-risiko yang diambil diperhitungkan dengan baik dan bisa
dipertanggungjawabkan. Keberhasilan dan kegagalan hendaknya dipelajari dan dijadikan
pengalaman yang berharga sehingga semakin lama pengambilan keputusan akan
berjalan dengan lebih baik.
4.
Penghargaan yang Setara dengan Kinerja
Semua
orang ingin dihargai, baik manajer maupun karyawan. Penghargaan yang setara
dengan kinerja akan merangsang kinerja yang baik, sebaliknya absennya
penghargaan, atau penghargaan yang tidak setara dengan kinerja akan mematikan
motivasi karyawan untuk berkinerja baik. Promosi pun harus didasarkan pada
kinerja dan kemampuan, bukan sekedar karena senioritas atau koneksi.
Penghargaan tidak terbatas pada yang bersifat materi saja. Kreativitas pemimpin
dalam memberikan penghargaan menentukan keberhasilan organisasi.
5.
Standar Tinggi
Standar
kinerja tinggi dan tidak medioker (merendahkan) akan memacu semangat untuk terus
melakukan perbaikan-perbaikan. Standar yang tinggi akan membuat karyawan merasa
bangga menjadi bagian dari organisasi/perusahaan yang berkualitas.
6.
Komitmen untuk Saling Mendukung
Pemimpin
bertangungjawab bagi terbentuknya komitmen untuk saling mendukung. Komitmen ini
ditunjukkan dengan mendahulukan kepentingan organisasi di atas kepentingan
divisi maupun individu. Masing-masing karyawan akan merasa bangga pada
prestasi-prestasi yang dicapai oleh organisasi, karena mereka adalah bagian
dari prestasi-prestasi tersebut.
Lingkungan
kerja yang sehat akan terbentuk bila ke-enam elemen di atas hadir di dalam
suatu organisasi/perusahaan. Di lingkungan yang sehat, bibit unggul akan tumbuh
dan berkembang, menghasilkan kinerja organisasi yang luar biasa.
Selamat membangun lingkungan kerja yang
sehat.Sumber : milist kantor
Comments
Post a Comment