Open top menu
29 June 2014
Keutamaan Sholat Taraweh

Shalat tarawih hanya ada di bulan ramadhan, hanya 30 kali dalam 1 tahun. Jadi yuk manfaatin waktunya jangan sampai terlewat 1 hari saja. Nah biar makin semangat jalanin tarawih, dibawah ini ada manfaat dari sholat tarawih, dan manfaatnya tiap hari berbeda, rugi kan kalo kelewat 1 kali saja.

Hadits ini diterima dari baginda Ali bin Abu Thalib ra, beliau berkata ; Baginda Nabi Muhammad Saw ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan, beliau saw menjawab ; 

Malam Pertama ;
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam pertama akan mendapatkan pahala keluar dari segala dosanya, dia menjadi suci, bersih tak berdosa sama seperti pada saat dia dilahirkan ibunya. 

Malam Kedua ; 
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam kedua akan mendapatkan pahala diampunkan dosanya dan dosa kedua orang tuanya, apabila kedua orang tuanya itu pada mukmin. 

Malam Ketiga ; 
Pada malam ketiga ada seorang malaikat yang berada di bawah 'Arasy (ruang diatas langit) berteriak-teriak berkali-kali yang bunyinya "Mulailah berbuat kebaikan karena Allah akan mengampunkan dosamu yang telah lalu". Dia akan mendapatkan pahala tersebut ketika memulai berbuat kebaikan termasuk shalat tarawih pada malam ketiga. 

Malam Keempat ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang membaca kitab suci Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur'an. 

Malam Kelima ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima Allah Swt akan memberikannya pahala sama seperti pahala orang yang shalat di Masjidil-Haram, di Masjidil-Madinah dan Masjidil-Aqso, tiga mesjid sekaligus. 

Malam Keenam ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melaksanakan towaf di Baitil-Makmur (tempat towaf malaikat di langit) dan jugta setiap batu dan tanah keras memohonkan ampunan untuk dirinya. 

Malam Ketujuh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh akan mendapatkan pahala seolah dia berada di zaman nabi Musa as kemudian dia menjadi sahabat beliau dan dapat menolong beliau dalam mengalahkan kekufuran Fir'aun dan Haman. 

Malam Kedelapan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan akan mendapatkan pahala dan karunia seperti pahala dan karunia yang diberikan kepada Nabi Ibrohim as. 

Malam Kesembilan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan akan mendapatkan pahala ibadah kepada Allah Swt sama seperti pahala ibadah baginda Nabi Muhammad Saw. 

Malam Kesepuluh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesepuluh akan diberikan karunia yaitu mendapat kebaikan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. 

Malam Kesebelas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesebelas maka dia akan meninggalkan dunia dalam keadaan suci tidak berdosa sama seperti pada saat dia terlahir dari kandungan ibunya. 

Malam Kedua belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua belas akan datang nanti di hari qiyamah, mukanya akan bercahaya laksana bulan purnama. Ini menandakan bahwa dia termasuk orang yang selamat di akhirat. 

Malam Ketiga belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga belas akan datang nanti dia di hari qiyamah, dia aman serta terlindung dari segala macam keburukan dan ketidak-baikan. 

Malam Keempat belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat belas, akan datang malaikat pada bersaksi bahwa dia telah melaksanakan shalat tarawih, sehingga Allah Swt tidak akan menghisab amalnya di hari qiyamah. 

Malam Kelima belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima belas, maka dia akan dido'akan para malaikat agar dilimpahkan kasih sayang Allah Swt, termasuk malaikat yang memikul 'Arasy dan malaikat yang memikul Kursi (Kursi ialah salah satu ruang lebih kecil dari 'Arasy dan dia berada di depan 'Arasy). 

Malam Keenam belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam belas, Allah Swt akan mencatat dirinya bebas serta selamat dari api neraka dan mendapat kemudahan masuk ke sorga. 

Malam Ketujuh belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh belas, maka dia akan diberikan pahala sama seperti pahala yang didapatkan oleh semua para nabi Allah Swt. 

Malam Kedelapan belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan belas, pada malam ini ada seorang malaikat memanggil, memberitahu kepadanya ; "Wahai hamba Allah sesungguh-nya Allah Swt telah ridlo kepada dirimu dan ridlo kepada kedua orang tuamu". 

Malam Kesembilan belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan belas, maka Allah Swt akan menaikkan martabatnya dalam sorga Firdaus, ialah sorga yang paling tinggi. 

Malam Kedua belas :
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh, akan diberi pahala sama seperti pahala orang-orang yang meninggal syahid dan pahala orang-orang yang soleh. 

Malam Keduapuluh satu ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh satu, Allah Swt mendiri-kan untuknya sebuah gedung mewah di sorga yang diciptakan Allah Swt dari cahaya. 

Malam Kedua puluh dua ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh dua, akan datang di hari qiyamah dia akan aman dan terlindung dari segala keresahan dan kesulitan saat itu. 

Malam Kedua puluh tiga ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tiga, maka Allah Swt akan mendirikan kota besar untuk dirinya di sorga. 

Malam Kedua puluh empat ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh empat, ia akan mendapati dua puluh empat jenis permohonan dirinya yang dipanjatkan kepada Allah Swt dan semua itu akan segera dikabulkan. 

Malam Kedua puluh lima ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh lima, Allah Swt akan menghilangkan siksa kubur dari dirinya. 

Malam Kedua puluh enam ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh enam, Allah Swt akan menaikkan pahala dari shalat tarawihnya naik menjulang tinggi mulia selama empat puluh tahun (dan kebaikannya akan kekal). 

Malam Kedua puluh tujuh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tujuh, maka dia akan melewati jembatan Shirotol-musatqim di hari qiyamah dengan sangat cepat sekali sama seperti kecepatan kilat yang menyambar. 

Malam Kedua puluh delapan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh delapan, Allah Swt akan menaikkan untuk dirinya seribu derajat (100 tingkat) martabat di sorga. 

Malam Kedua puluh sembilan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh sembilan, Allah Swt akan memberikan kepadanya pahala seribu kali naik haji yang maqbul (yang diterima). 

Malam Ketiga puluh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga puluh, maka Allah Swt berkata kepadanya ; "Wahai hambaku, makanlah buah-buahan sorga, mandilah dengan air suci sungai salsabil di sorga, minumlah air telaga kautsar, sesungguhnya Aku adalah Tuhamu dan kamu adalah hambaKu" Orang yang minum sekali teguk saja air telaga kautsar meskipun masuk neraka, maka neraka baginya akan terasa dingin, dia kebal, sehingga api neraka tidak akan dapat membakar dirinya sampai kapanpun juga.

Hebat bukan apa yang akan di berikan Allah SWT jika kita beribadah di Bulan Ramadhan. Jangan sia-siakan kesempatan bulan ini, ibadah ini hanya ada di bulan Ramadhan, belum tentu kita bisa bertemu bulan ramadhan tahun depan. Tapi kita harus tetap berdoa agar dipertemukan kembali ke Ramadhan tahun depan.
Read more
28 June 2014
Menjadi Badut (Lagi)

Hari ini tadi menjelang puasa ramadhan, di kantor tempat saya kerja (Biznet JOGJA) ada acara gambar-menggambar bareng anak-anak. Karena ada kostum boneka, wah langsung saja saya pake, biar lucu-lucuan aja sama anak-anak kecil itu. Lagian yang dateng ada sekitar 50 anak-anak, jadi makin semangat tuh.

Yang saya pake di bawah ini (yang warna biru) adalah salah satu karakter yang dibuat oleh temen-temen kantor saya bekerja, namanya NINO dari Animarsh. 

Kenapa saya langsung pake? Karena saya jadi ingat beberapa tahun lalu di Padang, yang juga menjadi badut untuk menghibur anak-anak yang terkena musibah gempa Padang, dan saya suka banget kalo 'nakut-nakutin' anak-anak hehehe. Ini untuk ke 3 kalinya saya jadi badut, yang pertama saat kuliah di Surabaya yang waktu itu juga nakut-nakutin anak-anak di panti asuhan dekat kampus. Foto yang paling bawah adalah saat saya di tengah lapangan jadi badut bernama ILMI, dimana setelah jadi badut itu saya hampir pingsan karena kepanasan.



Anak-anak menggambar
NINO menyapa anak-anak
Bersama crew Biznet Yogyakarta
Kemeriahan anak-anak











jadi ILMI saat di Padang
Semoga anak-anak tadi terhibur, senang, dan datang lagi kemudian hari. Mereka bahagia tanpa syarat.


Read more
14 June 2014
Cara Mudah Belajar Bersyukur

Selama ini banyak temen yang bertanya kepada saya, sepertinya saya selalu santai ga ada beban. Dan saya sering jawabnya juga santai, misalnya 'ya santai saja, masalah gede dibuat seolah kecil masalah kecil dianggep ga ada, kelar deh. Nah abis itu banyakin ikhlas sama bersyukur"

Trus gimana tips agar kita mudah bersyukur? Menurut saya pribadi, bersyukur dan ikhlas adalah 2 hal yang sangat dekat, kalo kita mudah bersyukur saya rasa ikhlas pun juga bisa sering kita dapatkan. Biasain diri dulu buat bersyukur, nah saya punya cara jitu yang selama ini saya terapkan. Seingat saya, saya nerapin hal ini sejak tahun 2009. Butuh konsistensi sih di awal-awal, tapi lama-lama bakal terbiasa.

Nah caranya gimana?
Dulu, saya setiap hari selalu menulis rejeki yang saya dapatkan, di buku khusus yang isinya rejeki tiap hari. Meskipun ada pepatah arab 'kamu tidak bakal bisa menghitung rejeki yang Allah berikan'. Namun buat saya waktu itu, kenapa ga saya coba saja menghitung rejeki, siapa tau ada perubahan hidup, hehe

Nah nulisnya misal gini :
Hari Senin, tanggal 1 :
1. Bangun tidur dalam kondisi sehat 
2. Sholat subuh tepat waktu
3. Sampe kantor ga telat.
4. Ditraktir sama si A, B, C
5. Pas maen ke mall, ongkos parkirnya dibayarin temen
6. Dianter pulang ke rumah sama temen
7. Pas berangkat meeting naik mobil, disetirin pula, jadi ga capek
8. Dagangan laku, untung 10ribu per dagangan
9. Bisa ngasih duit seribu ke pengamen
10. bla bla bla...

Tulislah sedikitnya 50 rejeki setiap harinya. Kalo sudah terbiasa bakal mudah banget nulis beraneka macam rejeki yang kita dapat setiap harinya.

Cobain deh, tulis tiap hari rejeki yang kamu dapatkan, trus dibaca ulang tiap weekend. Lakuin ulang selama 6 bulan atau setahun, atau 2 tahun. Insya allah makin sering bersyukur, insya allah makin tebal rasa ikhlasnya.


Trus nih, yang juga ga kalah pentingnya, keep smile dan jauhi menggosip sama temen, juga mulai banyakin beramal sedekah.

Itu tips sederhana dari saya, dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 
Read more
09 June 2014
Letakkan Kunci Mobil Di Samping Tempat Tidur

Kenapa kita harus meletakkan kunci mobil di samping tempat tidur kita saat malam hari? Ada beberapa hal yang mungkin bisa berguna untuk pembaca.

Jika Anda mendengar suara di luar rumah Anda atau ada seseorang mencoba untuk masuk rumah Anda, cukup tekan tombol panik untuk mobil Anda. Alarm akan berbunyi, dan klakson akan terus terdengar sampai Anda mematikannya atau sampai accu mobil mati.

Tips ini sangat simple, namun jarang sekali orang memanfaatkannya. Jika ada sesuatu yang kita rasa aneh atau mencurigakan, cukup tekan tombol alarm pada kunci mobil saja dan itu akan membuat tetangga kita melihat kondisi di luar rumah karena merasa terganggu. Apabila memang ada pencuri masuk, ya paling tidak akan membuat si pencuri itu panik, dan Anda akan jadi lebih tenang.

Simple kan?

Let's share :)
Read more
06 June 2014
Gerakan Seribu Quran

Jumat berkah, dapet ide beramal terutama untuk ramadhan. Nyumbang Al Quran ke masjid2 terutama untuk tadarus pas puasa besok (bisa juga mengganti Al Quran yang sudah rusak) dan insya allah pahalanya terus mengalir selama Al Quran itu dibaca. 

Nah setelah ngobrol sama temen2, kita pengen nyumbang 1000 Quran, ke masjid2 di daerah Jogja dan sekitarnya. Monggo buat temen2 yang pengen berpartisipasi bisa ngasih berupa Al Quran atau dana.

Harga Al Quran sekitar 50ribu. Ringan banget kan? 

Yang ingin berpartisipasi bisa transfer ke :
BNI 017 8201 331 (Sufyan Tsauri)
BCA 525 5110869 (Puguh Wicaksono)
BRI 1248 01 000 333 537 (Tri Satya Putra Pamungkas), untuk donasi daerah Jawa Timur.

Jangan lupa konfirmasi ya kalo udah ngasih donasi, ke 0815 8565 9855.

Hasil donasi akan saya report ke setiap donatur. Matur nuwun :)

Bismillah...

Update : 
Terima kasih buat temen-temen yang udah bantu baik dalam hal donasi, pembelian, sampai pendistribusian Al Quran ini. Oiya, untuk temen-temen yang di daerah tempat tinggalnya ada masjid yang membutuhkan Al Quran, bisa hubungi saya di nomor di atas tadi.

Sampai saat ini 120 Quran yang tersalurkan


  






 



  





Read more
04 June 2014
Berbagi Kebahagiaan di Lereng Merbabu

Tulisan di bawah ini semoga tidak menjadi riya' namun saya ingin menjadi pengingat dan motivasi baik bagi diri sendiri, keluarga dan teman-teman pambaca.

Hari minggu kemarin, alhamdulillah club mobil yang saya ikuti, Picanto Club Indonesia (PiCA), mengadakan silaturahmi di Salatiga. Dan yang membuat menarik adalah dilakukan di sebuah panti asuhan di lereng Gunung Merbabu, Panti Asuhan Darul Yatama. 

Saya pribadi sangat senang dengan club mobil ini, selain melibatkan keluarga, club mobil ini merupakan club mobil yang independent, tidak bentukan dari KIA. Sehingga sumbangan di acara bakti sosial hampir 100% dari sumbangan member PiCA. Tidak lupa saya pribadi mengajak istri saya untuk menyumbang dan kali ini tidak dengan uang tunai melainkan menyumbang dari baju-baju dagangan istri.

Saya ingat beberapa tahun lalu dari salah seorang motivator dari Jogja, Saptuari, yang mendapat pertanyaan dari salah seorang followernya di twitter, dimana dia bertanya dan minta didoakan agar usaha barunya yaitu jualan jus agar laris. Dan dengan enteng Saptuari menjawab, sedekahkan 50 gelas pertama untuk pengemis dan tukang becak. Dan itu saya lakukan pada dagangan istri, di moment yang bahagia tersebut. Mudah-mudahan dagangan istri di Griya Samara nya juga untuk usahanya SamaraSouvenir laris manis, agar nantinya sedekah kami lebih banyak lagi, lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang. Aminnn...

Di bawah ini beraneka pose foto-foto kebahagiaan itu...





Read more