Skip to main content

Keutamaan Sholat Taraweh

Shalat tarawih hanya ada di bulan ramadhan, hanya 30 kali dalam 1 tahun. Jadi yuk manfaatin waktunya jangan sampai terlewat 1 hari saja. Nah biar makin semangat jalanin tarawih, dibawah ini ada manfaat dari sholat tarawih, dan manfaatnya tiap hari berbeda, rugi kan kalo kelewat 1 kali saja.

Hadits ini diterima dari baginda Ali bin Abu Thalib ra, beliau berkata ; Baginda Nabi Muhammad Saw ditanya tentang keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan, beliau saw menjawab ; 

Malam Pertama ;
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam pertama akan mendapatkan pahala keluar dari segala dosanya, dia menjadi suci, bersih tak berdosa sama seperti pada saat dia dilahirkan ibunya. 

Malam Kedua ; 
Seorang mukmin yang melaksanakan shalat Tarawih di malam kedua akan mendapatkan pahala diampunkan dosanya dan dosa kedua orang tuanya, apabila kedua orang tuanya itu pada mukmin. 

Malam Ketiga ; 
Pada malam ketiga ada seorang malaikat yang berada di bawah 'Arasy (ruang diatas langit) berteriak-teriak berkali-kali yang bunyinya "Mulailah berbuat kebaikan karena Allah akan mengampunkan dosamu yang telah lalu". Dia akan mendapatkan pahala tersebut ketika memulai berbuat kebaikan termasuk shalat tarawih pada malam ketiga. 

Malam Keempat ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang membaca kitab suci Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur'an. 

Malam Kelima ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima Allah Swt akan memberikannya pahala sama seperti pahala orang yang shalat di Masjidil-Haram, di Masjidil-Madinah dan Masjidil-Aqso, tiga mesjid sekaligus. 

Malam Keenam ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melaksanakan towaf di Baitil-Makmur (tempat towaf malaikat di langit) dan jugta setiap batu dan tanah keras memohonkan ampunan untuk dirinya. 

Malam Ketujuh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh akan mendapatkan pahala seolah dia berada di zaman nabi Musa as kemudian dia menjadi sahabat beliau dan dapat menolong beliau dalam mengalahkan kekufuran Fir'aun dan Haman. 

Malam Kedelapan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan akan mendapatkan pahala dan karunia seperti pahala dan karunia yang diberikan kepada Nabi Ibrohim as. 

Malam Kesembilan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan akan mendapatkan pahala ibadah kepada Allah Swt sama seperti pahala ibadah baginda Nabi Muhammad Saw. 

Malam Kesepuluh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesepuluh akan diberikan karunia yaitu mendapat kebaikan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. 

Malam Kesebelas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesebelas maka dia akan meninggalkan dunia dalam keadaan suci tidak berdosa sama seperti pada saat dia terlahir dari kandungan ibunya. 

Malam Kedua belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua belas akan datang nanti di hari qiyamah, mukanya akan bercahaya laksana bulan purnama. Ini menandakan bahwa dia termasuk orang yang selamat di akhirat. 

Malam Ketiga belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga belas akan datang nanti dia di hari qiyamah, dia aman serta terlindung dari segala macam keburukan dan ketidak-baikan. 

Malam Keempat belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keempat belas, akan datang malaikat pada bersaksi bahwa dia telah melaksanakan shalat tarawih, sehingga Allah Swt tidak akan menghisab amalnya di hari qiyamah. 

Malam Kelima belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kelima belas, maka dia akan dido'akan para malaikat agar dilimpahkan kasih sayang Allah Swt, termasuk malaikat yang memikul 'Arasy dan malaikat yang memikul Kursi (Kursi ialah salah satu ruang lebih kecil dari 'Arasy dan dia berada di depan 'Arasy). 

Malam Keenam belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam keenam belas, Allah Swt akan mencatat dirinya bebas serta selamat dari api neraka dan mendapat kemudahan masuk ke sorga. 

Malam Ketujuh belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketujuh belas, maka dia akan diberikan pahala sama seperti pahala yang didapatkan oleh semua para nabi Allah Swt. 

Malam Kedelapan belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedelapan belas, pada malam ini ada seorang malaikat memanggil, memberitahu kepadanya ; "Wahai hamba Allah sesungguh-nya Allah Swt telah ridlo kepada dirimu dan ridlo kepada kedua orang tuamu". 

Malam Kesembilan belas ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kesembilan belas, maka Allah Swt akan menaikkan martabatnya dalam sorga Firdaus, ialah sorga yang paling tinggi. 

Malam Kedua belas :
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh, akan diberi pahala sama seperti pahala orang-orang yang meninggal syahid dan pahala orang-orang yang soleh. 

Malam Keduapuluh satu ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh satu, Allah Swt mendiri-kan untuknya sebuah gedung mewah di sorga yang diciptakan Allah Swt dari cahaya. 

Malam Kedua puluh dua ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh dua, akan datang di hari qiyamah dia akan aman dan terlindung dari segala keresahan dan kesulitan saat itu. 

Malam Kedua puluh tiga ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tiga, maka Allah Swt akan mendirikan kota besar untuk dirinya di sorga. 

Malam Kedua puluh empat ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh empat, ia akan mendapati dua puluh empat jenis permohonan dirinya yang dipanjatkan kepada Allah Swt dan semua itu akan segera dikabulkan. 

Malam Kedua puluh lima ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh lima, Allah Swt akan menghilangkan siksa kubur dari dirinya. 

Malam Kedua puluh enam ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh enam, Allah Swt akan menaikkan pahala dari shalat tarawihnya naik menjulang tinggi mulia selama empat puluh tahun (dan kebaikannya akan kekal). 

Malam Kedua puluh tujuh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh tujuh, maka dia akan melewati jembatan Shirotol-musatqim di hari qiyamah dengan sangat cepat sekali sama seperti kecepatan kilat yang menyambar. 

Malam Kedua puluh delapan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh delapan, Allah Swt akan menaikkan untuk dirinya seribu derajat (100 tingkat) martabat di sorga. 

Malam Kedua puluh sembilan ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam kedua puluh sembilan, Allah Swt akan memberikan kepadanya pahala seribu kali naik haji yang maqbul (yang diterima). 

Malam Ketiga puluh ; 
Orang yang melaksanakan shalat tarawih di malam ketiga puluh, maka Allah Swt berkata kepadanya ; "Wahai hambaku, makanlah buah-buahan sorga, mandilah dengan air suci sungai salsabil di sorga, minumlah air telaga kautsar, sesungguhnya Aku adalah Tuhamu dan kamu adalah hambaKu" Orang yang minum sekali teguk saja air telaga kautsar meskipun masuk neraka, maka neraka baginya akan terasa dingin, dia kebal, sehingga api neraka tidak akan dapat membakar dirinya sampai kapanpun juga.

Hebat bukan apa yang akan di berikan Allah SWT jika kita beribadah di Bulan Ramadhan. Jangan sia-siakan kesempatan bulan ini, ibadah ini hanya ada di bulan Ramadhan, belum tentu kita bisa bertemu bulan ramadhan tahun depan. Tapi kita harus tetap berdoa agar dipertemukan kembali ke Ramadhan tahun depan.

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Anak Bertanya Tentang Allah

Allah itu Siapa?
Utamanya pada masa emas 0-5 tahun, anak-anak menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan, yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi “tak mau tahu” alias ignoran, hehehe).
Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya…
Berikut ini saya ketengahkan beberapa pertanyaan yang biasa anak-anak tanyakan pada orang tuanya: Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Tanya 2: “Bu, Bentuk Allahitu seperti apa?” Tanya 3: “Bu, Kenapa kita gak bisa lihat Allah?” Tanya 4: “Bu, Allah itu ada di mana?” Tanya 5: “Bu, Kenapa kita harus nyembah Allah?”
Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Jawablah: “Nak, …

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…