Open top menu
20 October 2015
Awas Gerakan 1821 Dapat Mengubah Kehidupan Keluarga Kita

Pernah dengar tentang pergerakan 1821? 
Kalo saat jaman SD atau SMP 1821 kita taunya adalah tahun dimana terjadinya perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, gara-gara Belanda ikut campur dalam perselisihan antar saudara di sana. Nah karena perang ini mengakibatkan perokonomian di daerah sana menjadi merosot. Gara-gara perang saudara, lalu direcokin oleh pihak ketiga, makin memperpuruk suasana waktu itu. Namun alhamdulillah akhirnya para saudara-saudara tersebut sadar, dan akhirnya bersatu untuk melawan pihak ketiga itu, Belanda.

OK, lebih lanjut saya tidak membahas Perang Padri :p

Beberapa minggu terakhir ini, saya dan istri menjalankan sebuah program. Program yang cukup berat bagi saya. Yaitu program 1821.

Apa itu program 1821 ?
Program ini adalah program tanpa gadget pada pukul 18.00 sampai 21.00. Tepat pukul 18.00 kami sepakat untuk menyingkirkan HP, mematikan televisi.

Kenapa bagi saya ini berat?
Karena saat ini memiliki bisnis onlineshop Bawang Goreng Nabati dimana semua aktifitas saya lakukan melalui online di HP. Setiap ada notifikasi, rasanya mata dan tangan ini pengen aja lihat. Orderan, calon reseller, transferan, dan lain sebagainya. Itu yang membuat saya berat. Kalo meninggalkan televisi sih buat saya mudah, karena saya memang jarang menonton TV. Saya mendapatkan update berita tentang negara ini saja sudah cukup, ga perlu terlalu lama nonton TV.

Lalu apa yang dilakukan di jam itu?
Yang saya lakukan adalah bermain-main sama si buah hati, sama si baby, @diksyifa. Dia memang masih bayi, baru usia 4 bulan. Tapi saya ga mau melewatkan masa-masa lucunya. Rasanya baru kemarin siang dia lahir, tapi sekarang sudah 4 bulan, sudah mulai bisa diajak ngobrol. Mendengarkan apa yang ceritakan.

Setelah pulang dari masjid, saya mengajak dia ngaji. Saya mulai membiasakan baca kitab suci di depan dia. Meskipun kadang setelah 10 menit dia merengek, mungkin bosan. Saat saya dan istri makan malam, si baby juga saya ajak makan malam. Kadang juga saya ajak melihat gimana saya packing bawang goreng. :D Intinya ngobrol dan bermain-main dengan dia.

3 jam ini, mudah-mudahan akan memiliki dampak positif pada keluarga kami. Anak jadi merasa lebih dekat dan diperhatikan oleh orang tua, dan orang tua jadi lebih mengerti apa yang terjadi pada anak. Perkembangan dan perubahan apa saja yang terjadi pada anak.

Lalu gimana kalo anak sudah tidur misalnya jam 20.00 ?
Program itu telah usai. Sebuah bonus waktu yang saya miliki untuk kembali bermain gadget.

Nah kalo anak belum tidur setelah jam 21.00 gimana?
Program itu juga telah usai bagi saya. Saya ajak anak nonton televisi. Tapi bukan asal buka program TV, kalo di depan anak saya menonton Disney Channel atau film-film cartoon yang ada di NickJR.

Sudah beberapa minggu ini saya menjalankan program ini, hasilnya luarrrr biasa. Saya berubah, istri saya berubah, dan sepertinya anak saya juga berubah. Si baby saat ini pada jam-jam tersebut lebih suka 'ngajak ngobrol', padahal masih 4 bulan lho. Kalo saya cerita (cerita asal, bukan dongeng), dia seperti memberikan wajah yang excited. Dia mendengarkan. Saat saya diam, dia tertawa.

Apa perubahan yang terjadi pada saya?
Saya jadi lebih kreatif bercerita. hehehe. Lebih sering memutar otak untuk berbicara. Memilih kata yang baik untuk efek yang positif.

Kita punya banyak waktu untuk mencari nafkah, namun waktu tak akan pernah terulang lagi. 
Yuk kita manfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga.
Yuk kita manfaatkan untuk mendidik anak kita sendiri.
Keluarga adalah sekolah pertama bagi buah hati kita.
Seorang ayah adalah kepala sekolahnya.










Read more
14 October 2015
Inspirasi Awal Tahun

Inspirasi diawal tahun hijriah ini, semoga apa yg kita rencana bisa kita capai dgn maksimal. Amiin

Kadang-kadang ada sahabat yang suka traktir kita makan, bukan karena mereka sok kaya tapi sebab mereka meletakkan persahabatan melebihi materi.

Terkadang ada sahabat yang rajin bekerja, bukan karena mereka mau tunjukkan kepandaian tapi mereka memahamii arti sebuah tanggung jawab.

Kadang-kadang ada sahabat yang memohon maaf dulu selepas berselisih faham, bukan karena mereka salah tapi sebab mereka menghargai orang di sekeliling mereka.

Kadang-kadang ada sahabat yang sukarela membantu kita, bukan karena mereka berhutang apa-apa tapi sebab mereka lihat kita sebagai seorang sahabat.

Terkadang ada sahabat yang selalu berkomunikasi lewat telpon, sms, bbm, whatsapp serta chating anda, bukan karena mereka tak ada kerja lain yang dilakukan tapi sebab mereka INGAT PADA ANDA.

Satu hari, kita semua akan berpisah sahabat, kita akan teringat berbagai perbuatan dan impian yang kita ada kita lakukan.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, hingga hubungan ini menjadi asing.

Satu hari anak keturunan kita akan melihat foto² kita dan bertanya,
"Siapa mereka semua ini?"
Dan kita tersenyum dengan air mata yang tidak kelihatan, karena hati ini terusik dengan kata yang sayu, lalu berkata :
"DENGAN MEREKALAH SAYA MELALUI HARI2 YANG PALING INDAH DALAM HIDUP SAYA."

Ada 3 hal dlm hidup yg tidak akan kembali : 
1. Waktu 
2. Ucapan 
3. Kesempatan

Ada 3 hal yg dapat menghancurkan hidup seseorang:
1. Amarah 
2. Keangkuhan 
3. Dendam

Ada 3 hal yg tidak boleh hilang :
1. Harapan 
2. Keikhlasan 
3. Kejujuran

Ada 3 hal yg paling berharga : 
1. Kasih Sayang 
2. Cinta 
3. Kebaikan

Ada 3 hal dalam hidup yg tidak pernah pasti : 
1. Kekayaan 
2. Kejayaan 
3. Mimpi

Ada 3 hal yg dapat membentuk watak seseorang : 
1. Komitmen 
2. Ketulusan 
3. Kerja Keras

Ada 3 hal yg membuat kita sukses :
1. Tekad 
2. Kemauan 
3. Fokus

Ada 3 hal yg tidak pernah kita tahu : 
1. Rejeki 
2. Umur 
3. Jodoh

TAPI, ada 3 hal dalam hidup yg PASTI : 
1. Tua 
2. Sakit 
3. Kematian

Selamat tahun baru Islam 1437H. Semoga kita menjadi lebih baik.
Read more
13 October 2015
Indonesia Wajib Militer, Saya Daftar !!!

Tadi siang saat ketemu Bapak di rumah yang sedang nonton berita, ada berita bahwa Indonesia akan memberlakukan wajib militer yang istilahnya diganti dengan bela negara.

Dengan spontan saya bilang, 'Pak saya mau nih kalo ada, Insya Allah daftar lah nanti...'

Bapak heran, kok saya mau. Lalu saya jelaskan, kalo dari dulu saya itu ingin di Indonesia ada wajib militer. Kenapa? Karena kita bisa sehat, badan kuat, ga perlu ikut nge gym hahaha. Padahal saya mau ngomong kalo dengan wajib militer kita bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, terutama untuk anak-anak muda. Biar ga mainan sosmed mulu.

Di sisi lain, wajib militer itu sama dengan olah raga. Syukur-syukur kalo di bayar ya kan? Udah dapet trainer gratis, ngajarin kita disiplin, kita jadi lebih sehat, lebih bugar, dan yang pasti akan jadi pemuda yang lebih cinta pada negara. Insya Allah...


Kalo saya pribadi, semoga ada beneran deh ini wajib militer di Indonesia. Biar kita ga jadi bangsa yang loyo. Kan katanya mensana in corporesano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Diniatin aja olahraga rutin.
Read more