Open top menu
28 November 2016
Donor Darah YUK

Waktu sudah menunjukkan jam 9 pagi, di hari Jumat yang cerah 25 Nopember 2016. Saya bergegas ngebut menuju beberapa titik dari rumah. Sudah terlambat 1 jam dari janjian dengan teman-teman Young Entrepreneur Nganjuk (YUK). Karena saya harus mengantar Ibu belanja ke pasar terlebih dahulu. Tujuan pertama ke Bank BRI, dan alhamdulillah offline, saya gas ke tujuan kedua, mengantar bawang goreng ke toko sepatunya teman, dan alhamdulillah teman saya ga ada (belum datang). Dan akhirnya saya meluncur ke PMI tempat berkumpulnya teman-teman. 

Saya cek waktu menunjukkan pukul 09.16 WIB. Masuk ke PMI sama teman-teman langsung disodorkan timbangan badan, lalu tanpa ba bi bu, dicek tensi dan darahnya. LULUS. Isi form, dan langsung cusss. Jarum masuk ke tangan untuk pengambilan darah.

Total waktu begitu cepat, tidak sampai setengah jam. Dan ini adalah kali pertama saya mendonorkan darah. Dulu beberapa kali saya ditolak untuk donor darah, di Jakarta, maupun di Jogja, saat saya masih bekerja, karena berat badan yang kurang. Hahaha. Dan ternyata di kampung saya sendiri, saya diterima. Alhamdulillah. Memang takdir Allah untuk saya mengabdi untuk kampung ini, Nganjuk.

Jumat itu, akhirnya sebagian teman-teman YUK mendonorkan darahnya, ada yang sudah beberapa kali berdonor, ada yang baru pertama kali seperti saya. Donor itu ternyata ga sakit. Malah badan saya sepertinya jadi seger sore harinya. Alhamdulillah, Alhamdulillah...

  


Read more
21 November 2016
Jadi Dosen Tamu

Tanggal 17 Nopember 2016 kemarin akhirnya saya memenuhi janji saya kepada salah satu dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya untuk mengisi kuliah tamu di jurusan D3 Teknik Elektro. Awalnya saya bingung mau membicarakan tentang apa, karena saya sudah ga begitu update tentang elektronika. Beliau meminta untuk membahas tentang entrepreneurship. 

Bahasa mudahnya, membahas bisnis di depan ratusan anak teknik elektro. Itu tantangannya.

Nah sampai di ruangan, baru saya memutuskan untuk mengisi tentang apa. Dan alhamdulillah ga sadar, 3 jam saya berdiri di depan. 

Waktu memasuki kampus itu, ITS Surabaya, saya jadi ingat memori-memori beberapa tahun yang lalu. Saya belajar di situ. Pagi, siang, malam, banyak saya habiskan di kampus.

Dari bundaran ITS, tempat parkir, masuk ke gedung, sampe di ruang kuliah, semuanya membuat saya pengen kuliah lagi. Hehe doain ya..

Mengajar, memang menjadi salah satu cita-cita saya dari dulu. Ingin berbagi ini itu yang saya tau. Dan alhamdulillah kemarin diberikan kesempatan itu sama Allah swt. Semoga bermanfaat untuk 'murid-murid' singkat saya.






Read more
08 November 2016
no image

Kita mengetahui, solat secara berjemaah itu adalah sunnah, mendapat lebih 27 darjat lebih berbanding solat bersendirian. Tetapi ruginya kita masih tidak mampu untuk berjemaah di masjid atau surau.

Kita mengetahui, bahwa ucapan "Subhaanallaahi wa bihamdihi" sebanyak 100 kali dalam sehari akan menghapuskan dosa-dosa kita, walaupun dosa kita sebanyak buih di lautan. Akan tetapi sayang, Berapa banyak hari kita yang berlalu tanpa kita mengucapkannya sedikitpun.

Kita mengetahui, bahwa pahala dua rakaat Dhuha setara dengan pahala 360 sedekah, akan tetapi sayang, hari berganti hari tanpa kita melakukan solat Dhuha.

Kita mengetahui, bahwa orang yang berpuasa sunnah kerana Allah satu hari saja, akan dijauhkan wajahnya dari api neraka sejauh 70 musim atau 70 tahun perjalanan. Tetapi sayang, kita tidak mahu menahan lapar.

Kita mengetahui, bahwa siapa yang menjenguk orang sakit akan diikuti oleh 70 ribu malaikat yang memintakan ampun untuknya. Tetapi sayang, kita belum juga menjenguk satu orang sakit pun minggu ini.

Kita mengetahui, bahwa siapa yang membantu membangun masjid kerana Allah walaupun hanya sebesar sarang burung, akan dibangunkan sebuah rumah di syurga. Tetapi sayang, kita tidak tergerak untuk membantu pembangunan masjid walaupun hanya dengan beberapa ringgit.

Kita mengetahui, bahwa siapa yang membantu ibu tunggal dan anak yatimnya, pahalanya seperti berjihad di jalan Allah, atau seperti orang yang berpuasa sepanjang hari tanpa berbuka, atau orang yang solat sepanjang malam tanpa tidur. Tetapi sayang, sampai saat ini kita tidak berniat membantu seorang pun anak yatim.

Kita mengetahui, bahwa orang yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an, baginya sepuluh kebaikan dan satu kebaikan akan di lipatgandakan sepuluh kali. Tetapi sayang, kita tidak pernah meluangkan waktu membaca Al-Qur'an dalam jadual harian kita.

Kita mengetahui, bahwa haji yang mabrur, tidak ada pahala baginya kecuali syurga, dan akan diampuni dosa-dosanya sehingga kembali suci seperti saat dilahirkan oleh ibunya. Tetapi sayang, kita tidak bersemangat untuk melaksanakannya, padahal kita mampu melaksanakannya.

Kita mengetahui, bahwa orang mukmin yang paling mulia adalah yang yang paling banyak solat malam, dan bahawasanya Rasulullah SAW dan para sahabatnya tidak pernah meremehkan solat malam ditengah segala kesibukan dan jihad mereka. Tetapi sayang kita terlalu meremehkan solat malam.

Kita mengetahui, bahawa hari kiamat pasti terjadi, tanpa ada keraguan, dan pada hari itu Allah akan membangkitkan semua yang ada di dalam kubur. Tetapi sayang, kita tidak pernah mempersiapkan diri untuk hari itu.

Kita sering menyaksikan orang-orang yang meninggal mendahului kita. Tetapi sayang, kita selalu hanyut dengan senda gurau dan permainan seakan kita mendapat jaminan hidup selamanya.

Read more
13 October 2016
Kunjungan Pertama Dari Jauh

Hari ini, merupakan hari yang berbeda di rumah produksi bawang goreng nabati. Karena mendapat kunjungan dari Bank Indonesia beserta rombongan UKM dari Boyolali, juga beberapa dinas terkait dari Pemkab Boyolali.

Ini merupakan kunjungan pertama, selama memiliki usaha ini. Mereka berkunjung untuk belajar, bagaimana mengolah bawang merah sehingga memiliki nilai jual tinggi. Mereka mencari tau, rahasia apa yang ada di rumah produksi sehingga dapat menghasilkan bawang goreng yang renyah dan wangi. Itu saja sebenernya.

Dan akhirnya saya buka semuanya, termasuk strategi pemasaran kami. Berikut dokumentasinya. Dan terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses.





Read more
18 September 2016
Surat Untuk Teman-Teman UKM Ku


Teman, saya mengucapkan selamat telah memilih jalan hidupmu sebagai seorang wirausahawan. Ada banyak harap dari banyak orang kepadamu, ada banyak doa yang tertuju untukmu. Tetaplah berjuang untuk kemajuan usahamu. 

Tolong jangan terlalu melihat ke samping (melihat usaha orang lain), teruslah melihat ke depan, fokuslah sama usahamu saat ini, fokuslah pada visi misimu sendiri. Bertahanlah minimal 5 tahun untuk mempertahankan produkmu sendiri. Negara ini butuh dirimu. Negara ini butuh produkmu. Negara ini sedang kekurangan produk asli anak negeri. Dari kita bangun tidur, sampai tidur lagi, mayoritas kita mengkonsumsi produk negara lain.


Saat kita memakai baju, semoga baju kita, bajumu, baju karyawanmu, semoga di cetak sama temanmu dari Indonesia, semoga benangnya dari pabrik yang asli milik Indonesia, dan semoga bahan baku dan alat-alat di pabrik benang itu juga buatan dari Indonesia.

Teman, saya titip salam untuk anak-anakmu. Ga perlu bercita-cita tinggi untuk menjadi presiden, atau astronot. Tapi ajaklah bercita-cita untuk menjadi wirausaha saja. Menjadi produsen odol (pasta gigi), menjadi produsen sabun, menjadi produsen shampo, atau produsen kebutuhan hidup sehari-hari tetanggamu.

Teman, berbagilah ilmu pengetahuan dan juga market kepada teman-teman UKM mu yang lain, ga perlu berharap imbal balik. Tenang saja, biar Allah yang memberimu imbalan nantinya. Belilah produk temanmu sendiri. Sisihkan uang 100 atau 200 ribu tiap bulan khusus untuk membeli produk/dagangan temanmu. Termasuk untuk membeli buah-buahan atau hasil panen dari petani-petani Indonesia sendiri. Ajaklah juga keluargamu, orang tuamu, saudaramu, juga tetanggamu untuk mengikuti caramu.

Teman, teruslah berinovasi dan memperbaiki diri, memperbaiki produkmu. Yakinlah, semua produk memiliki jodohnya sendiri. Teruslah berjuang dan jangan mudah menyerah. Saya yakin dalam usahamu untuk merintis UKM mu, lebih dari 50% adalah tentang hidup atau matimu. Sekali lagi, negara ini membutuhkan dirimu, membutuhkan produkmu.



Salam,
Puguh Wicaksono
Owner Bawang Goreng Nabati
Read more
09 September 2016
Jangan Seperti Mengumpulkan Harta Disebuah Tas Yang Berlubang

Sebuah pengingat untuk diri saya pribadi.

Engkau memperbaiki wudhu'mu, namun dengan cara berlebihan dalam menggunakan airnya.

Engkau bersedekah kepada orang yang kau anggap layak diberikan, namun engkau merendahkan dan menyakiti perasaan dan hatinya.

Engkau shalat malam, puasa di siang hari, mematuhi Rabbmu, namun engkau memutuskan tali silaturrahim.

Engkau berpuasa dan bersabar menahan lapar dan dahaga, namun lisanmu dengan mudah melaknat dan mencela.

Engkau menggunakan pakaian serba longgar dan berlapis menutupi kepala dan badanmu, namun tdk sedikit pun engkau menjaga lisan dan sikapmu untuk lebih menghormati orang lain.

Engkau muliakan tamu, namun saat dia keluar engkau meng'ghibahinya dan menyebut keburukan-keburukannya,

Jangan kumpulkan kebaikan-kebaikanmu di sebuah kantong yang berlubang...

Engkau mengumpulkannya dengan susah payah, namun dengan mudahnya kebaikanmu berguguran karena perbuatanmu sendiri tanpa kau sadari...

Hingga akhirnya rahmat dari kebaikan-kebaikan yg kita lakukan itu hilang tak berbekas, seperti buih diterpa air laut....HABIS

Sedangkan kita sendiri tak tahu berapa banyak kah yg telah terkumpul untuk bekal kita di hari akhir nanti...

Semoga ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua atas apa yg kita telah lakukan sepanjang hari

Anggap lah orang lain lebih baik dari diri kita sendiri, agar kita selalu menghormati dan menghargainya dan agar kita selalu belajar lebih bersikap mulia kepada sesama.

Robbana Taqobbal Minna.
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin..




Read more
31 August 2016
Tidak Perlu Malu Jualan

Sebagian dari kita mungnkin masih ada yang merasa malu untuk menjual sebuah barang / jasa. Dan itulah salah satu penyebab kenapa sampai sekarang tidak mau jadi pengusaha. Malu, gengsi, takut ditolak, juga takut gagal.

Coba mari kita pikirkan. Sejatinya diri kita semua adalah seorang penjual. Nulis status di sosmed, sejatinya kita ingin 'menjual' siapa diri kita. Bener kan?

Saat kita punya dagangan, coba kita rubah mindset kita. Kita bukan jual produk, tapi kita memberi solusi kepada orang lain. Saat jual bawang goreng, kita kasih solusi kepada orang agar orang tersebut tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengiris bawang merah yang pedas di mata itu. Solusi-solusi tersebut kita kemas dalam sebuah produk barang atau jasa.

Produk yang memiliki solusi tinggi, akan cepat laku di pasaran. Produk yang susah laku, mungkin produk itu bukan sebuah solusi kebanyakan orang. Atau mungkin Anda tidak menawarkan solusi. So, mari kita tawarkan solusi, niatkan untuk menolong orang. Dan Anda akan mendapatkan uang.

Mendapatkan uang adalah sebuah akibat. Akibat dari sebuah sebab Anda telah membantu banyak orang.

Jadi ga perlu malu lagi kan, karena Anda tidak jualan, tapi mau menolong orang. Tolonglah orang sebanyak mungkin. Sudah meniatkan diri untuk menolong orang, lalu ditolak, ya santai aja. Katakan dalam hati, mau ditolong kok ga mau. Hehehe...

Santai saja. Dan saya yakin, semua produk pasti ada jodohnya.

Salam Sukses dan Bahagia.
Puguh Wicaksono
Read more
29 July 2016
Cara Mudah Menaikkan Omset

Pengalaman yang saya ceritakan ini sangat sering saya alami. Yaitu saya jadi tergiur untuk berbelanja lebih banyak daripada yang saya rencanakan. Ya memang dasarnya saya mungkin orang yang mudah lapar mata saja sih.

Mungkin hampir semua orang sudah mengalami hal serupa seperti saya, tapi lupa untuk tidak dipraktekkan sendiri dalam bisnisnya. Apa itu? Dengan melakukan cross selling dan up selling.

Pernah beli di McD, saat mau membayar ditawarin kentangnya sekalian kakak ?
Atau pada saat ke Indomaret, saat mau membayar ditawarin juga pulsanya sekalian kakak?
dan lain sebagainya...

Dari situ saya mencoba untuk mempraktekkan dalam usaha onlineshop saya, yaitu Bawang Goreng Nabati. Dagangan saya hanya 1 jenis saja dan hanya memiliki berat 100 gram. Saya selalu mencoba melakukan upselling. Saat ada orang membeli hanya 5 pcs, saya mencoba menawarkan sekalian 9 pcs saja, karena biaya kirimnya juga sama masih masuk 1 kg. Dan alhamdulillah 90% konsumen jadi order lebih banyak.

Bersyukurlah Anda apabila memiliki banyak jenis barang dagangan. Lebih mudah melakukan cross selling atau up selling. Misalnya Anda jualan mukena, Anda bisa sekalian menawarkan sajadahnya juga. Atau Anda jualan baju, bisa menawarkan sekalian bross atau aksesoris lainnya.

Mudah bukan?
Selamat mencoba :)
Read more
26 July 2016
Belajar SEO Untuk Online Shop

Siapa sih yang ga pengen bisnisnya ada di halaman 1 dari mesin pencarian?

Nah, di postingan ini saya menyadur postingan dari guru online shop saya, yaitu Bapak Suryadin Laoddang atau yang dikenal dengan dosen jualan.


Beliau sangat cerdas, dan membagi urutan praktek SEO menjadi beberapa level, sehingga sangat mudah kita praktekkan. Silakan praktekkan sesuai dengan level paling mudah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan sampai level paling expert.

Berikut pembagian levelnya :

Level PAUD
1.     Ceritakan Notes Anda di Dunia Maya / Paksa Google


Level TK
1.     Promo dari Mulut ke Mulut ( Google Ping )
2.     Sebarkan Kartu Nama ( Ping Service )

Level SD
1.     Promo dari Ke Tukang Sayur ( Sosial Ping )
2.      Sebarkan SMS ( Add URL Submit )
3.      Sebarkan Brosur ( Sosial Bookmark )
4.      Sebarkan Broadcast ( Auto URL Submit )
5.      Kirim Proposal ( Pasang Iklan Forum )
6.      Kirim Surat Penawaran ( Pasang Iklan Gratis )

Level SMP
1.     Pasang Poster ( Pasang Iklan di Market Place )
2.     Pasang Spanduk ( Pasang Iklan Direktori )
3.     Sebarkan Baliho ( Submit Artikel )

Level SMA
1.     Tinggalkan Jejak di Social Media
2.     Tinggalkan Jejak di Youtube
3.     Tinggalkan Jejak di Web Berita

Level D1
1.     Dummy Blog


Level D3
1.     Blog Walking Acak
2.     Blog Walking Grouping Keyword
3.     Blog Walking Similar Keyword

Level S1
1.     Blogwalking Niche Keyword
2.      Tanam Backlink HPA
3.     Tukaran Backlink
4.     Tanam Backlink PIL

Level S2
1.     Document Share

Level S3
1.     Google Ads

Level Professor
1.     SEO Kancil ( Google Suggestion )

SAMPAI JUMPA DI HALAMAN 1 GOOGLE

:)



Read more
14 July 2016
Desa Wisata Petungulung, Margopatut, Nganjuk

Hari ini tadi saya mengikuti sebuah diskusi tentang UKM dan beberapa Bank di Nganjuk bersama salah seorang anggota DPD RI. Ditengah diskusi tersebut ada seorang wanita yang mengutarakan uneg-unegnya mengenai sebuah kawasan desa wisata di Kabupaten Nganjuk, sebut saja Bu Ima. Nah dari penjelasan beliau, saya langsung berkata dalam hati "waiki...

Saya jadi banyak teringat masa lalu saat di Jogja, begitu banyak desa wisata di sana, tapi di Nganjuk belum ada, sampai-sampai saya dan seorang kawan beberapa bulan lalu punya ide buat bikin ini. Tapi belum jadi-jadi, maklum kurang gerak sih...

Bersama Pak Camat Sawahan
Setelah acara selesai dan saat saya mau pulang, di parkiran tiba-tiba saya diajak seorang kawan untuk ngelihat sebuah desa wisata baru di daerah Kec Sawahan itu. Kawasan ini baru diresmikan sekitar bulan April 2016. Masih kinyis-kinyis tentunya, langsung aja berangkat kesana. Ternyata semobil sama bu Ima tadi. Ngobrol-ngobrol di dalam mobil, saya ambil kesimpulan "wah ini proyek luar biasa, sosialnya keren". Pengen segera sampai lokasi jadinya, pengen lihat para pemuda yang informasinya kreatif dan berani. Banyak yang hanya lulusan tingkat dasar namun punya semangat tinggi untuk memajukan daerah tempat tinggalnya.

Sesampai di lokasi, saat memasuki pintu masuknya berupa sebuah jembatan, langsung saya bilang "wow... ini keren banget". Jembatannya lumayan panjang, karena membentang di atas sebuah sungai yang lebar. Banyak batuan besar yang asik buat ngapain aja.

Ada sekolah rakyat yang khusus ngajari penduduk setempat. Ada sarana outbond juga seperti lapangan voli, flying fox, arung jeram, rencana akan dibangun kolam renang, dan sebagainya. Pesen makanan, di makan di gazebo-gazebo yang udah disediain. Tinggal pilih aja suka di gazebo dengan view yang mana. Memang saat saya kunjungi masih belum 100% jadi, tapi itu tadi udah bagus banget. Berasa bukan di Nganjuk. Suer deh...

Nih saya liatin foto-fotonya 





Saya juga sempat nyobain makanan bernama INTIL. Enak dan gurih lho..
Makanan kayak apa tuh? Semacam nasi goreng tapi bahannya tiwul. Jadi nasi tiwul goreng. ambarnya seperti di bawah ini. Warnanya aja juga beda sama nasi goreng lainnya. Lalu minumnya es kelapa muda, rasanya juga beda. Pokoknya semua beda lah...




Saran, saya, segera saja kesana bersama keluarga, teman dan tetangga Anda. Atau bikin acara acara reuni juga bisa lho...


Read more
12 July 2016
Portugal EURO 2016 dan Bisnis Kita

Sedari dulu, Saya adalah penggemar Sepak Bola. Klub idola Saya adalah SS Lazio, sementara negara jagoan Saya adalah Jerman (tentu setelah timnas Indonesia) hehe ^_^

Nah, ceritanya tadi malam Saya nonton partai final Euro 2016 yang mempertemukan Portugal vs Perancis. Hasilnya? Portugal yang jadi juara. Yeah!

Lagi2, Saya bukan pendukung Portugal. Tapi entah kenapa, setelah Jerman keok (hikshiks...), Saya malah empati sama Christiano Ronaldo cs. heu

Yuk mari kita analisa secara "ngawur" kenapa Portugal bisa juara dan apa kaitannya dengan bisnis yang kita jalankan....

(1). KEBERUNTUNGAN ITU DICIPTAKAN

Berada di grup F bersama Hongaria, Islandia, dan Austria, Portugal justru lolos ke fase 16 besar dengan hanya membukukan 3 poin, alias 3x seri. Artinya, udah hampir gak lolos. Inilah keberuntungan pertama.

Di fase 16 besar, Portugal menghadapi Kroasia, yang sebelumnya menduduki peringkat pertama grup D, di atas Spanyol, malah Kroasia keok oleh Portugal  dengan skor 0-1. Assemnya, gol kemenangan tersebut dicetak 3 menit menjelang bubaran pertandingan di masa tambahan waktu. GENDENG! Inilah keberuntungan kedua.

Lolos ke perempat final, Portugal ditakdirkan melawan Polandia. Sempat tertinggal 0-1 oleh goal Lewandowski, akhirnya Portugal menyamakan kedudukan di menit ke-33 dengan goal Renato Sanchez. Karena sampai perpanjangan waktu gak ada yang menang, akhirnya lanjut ke babak penalti. Beruntungnya lagi, Ronaldo cs berhasil memenangkan adu penalti 5-3. Inilah keberuntungan ketiga.

Masuk ke Semifinal, Christiano Ronaldo bertemu dengan rekan setimnya di Real Madrid, Gareth Bale cs, yaitu Wales. Baiklah, disini Portugal memang benar2 berjuang. Alhasil, Ronaldo dan Nani berhasil mencetak masing-masing 1 gol dan mengantarkan negaranya lolos ke babak Final.

Nah, di Final, Portugal bertemu dengan tim tuan rumah yang dijagokan juara, yaitu Perancis. Dengan rentetan kemenangan Perancis di laga2 sebelumnya, tentu Perancis diunggulkan jadi juara. Nyatanya, justru malah keok, walaupun Portugal harus ditinggal oleh Christiano Ronaldo pada menit ke-25 karena cedera. Hasilnya? Heran, tanpa Ronaldo, Portugal malah JUARA. Hufh! Inilah keberuntungan keempat.

Berdasarkan rentenan kemenangan tersebut, wajar banget kalau banyak orang bilang bahwa Portugal juara karena "KEBERUNTUNGAN". Sampai2 ada meme billang begini, 

"Tim ini mengajarkan bahwa keberuntungan adalah salah satu kunci dalam meraih sukses besar"

Pertanyaannya, apakah Anda percaya dengan keberuntungan? ^_^

Seperti apa kata sobat Saya, Bong Chandra, dalam bukunya The Science of Luck, bahwa Keberuntungan itu bisa diciptakan. Dalam tweetnya, dia pernah bilang,

"Menang 1x itu kebetulan. Menang 2x itu keberuntungan. Menang 3x itu kemampuan"

Artinya, keberuntungan memang bisa diciptakan. Masalahnya, kita gak tau caranya. Bener gak?

Di tim Portugal misalnya. Yang kita nggak tahu, apa yang terjadi dalam "belief system" dan mental para pemain Portugal beserta semangat yang diusung oleh pelatihnya. Yang bisa kita saksikan, cuma skill para pemain dan permainannya di lapangan. Sementara sukses itu katanya ditentukan 80% oleh mental, sisanya baru skill. Nah lho?

Lantas, apa hubungannya dengan bisnis?

Coba cek keyakinan dan mental Anda dalam menjalankan bisnis, apakah Anda yakin bahwa bisnis yang Anda bangun saat ini suatu saat akan menjadi besar bahkan memilki aset triliyunan? Atau jangan2 gak pernah kebayang sama sekali? Pernahkah Anda mensetting mental kaya dalam bisnis Anda? dst....

Renungkan...

(2). JANGAN HANYA MENGANDALKAN SOSOK TERTENTU

Coba Anda tonton ulang pertandingan Portugal vs Perancis tadi malam. Semenjak Christiano Ronaldo keluar, justru pertandinan Portugal jadi lebih lepas. Gak ada ketergantungan sama sosok tertentu. Anehnya, permainan kaya gini justru yang mengantarkan mereka jadi juara. Komentator pertandingan pun justru ragu dan bilang, "Kalau Ronaldo main sampai akhir, kayanya belum tentu juara. hehehe"

Begitupun dalam bisnis. Jangan pernah bergantungan pada sosok tertentu. Mungkin awal2 Anda lah yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan. Anda lah otak dan foundernya. Tapi ingat, Anda sedang membangun bisnis, bukan menjalankan bisnis. Artinya, suatu saat HARUS Anda tinggalkan. Maka mau nggak mau, Anda harus buat SISTEM yang tidak bergantung pada siapapun. Inilah awal dari kunci keberlangsungan bisnis tanpa kehadiran Anda...

Jadi, coba cek bisnis Anda sekarang, apakah masih ketergantungan sama Anda? Hayo....

Kalau masih, artinya Anda belum sepenuhnya MEMBANGUN bisnis, karena Anda masih MENJALANKAN bisnis. 

Sesekali, tinggalkan saja bisnismu. Buat sistem dan ujicoba segera. Sama seperti tim Portugal yang ketika ditinggal Ronaldo malah juara. Okey? #maksa

(3). FLEKSIBILITAS STRATEGI

Banyak orang berkomentar, strategi yang diterapkan oleh pelatih Portugal sangat monoton. Bahkan cenderung membosankan. Apakah Anda setuju?

Kalau Saya sih "YES", setuju banget. hehe... Tapi kita bisa ambil pelajaran dari strategi yang ia canangkan. Sama seperti pelatih berkebangsaan Portugal lainnya, Jose Mourinho, yang seringkali membawa penampilan monoton, tapi anehnya juaranya banyak!

Itu persis seperti dalam bisnis. Anda harus tahu, GOAL Anda apa? Apapun goal yang Anda canangkan, pastikan Anda dapat meraihnya dengan berbagai strategi dan taktik. 

Tak peduli Anda dibilang "ngirit", tapi kalau goal Anda adalah Cashflow yang Sehat, kenapa tidak?

Tak peduli Anda dibilang "lama", tapi kalau goal Anda adalah Bisnis yang Kuat, kenapa tidak? cc Rendy Saputra

Tak peduli Anda dibilang "kuno", tapi kalau strategi tersebut bisa mendekatkan Anda pada goal Anda, kenapa tidak?

Intinya, strategi yang Anda gunakan dalam bisnis harus fleksibel, jangan kaku. Yang harus kaku itu goalnya, bukan strateginya. Kebayang?

Dan terakhir, sebelum analisa ini semakin ngawur (^_^), Anda tidak bisa pungkiri bahwa keberadaan Ronaldo di atas lapangan sangat menentukan. Walaupun udah keluar dan digantikan sama Quaresma, tapi di samping lapangan dia udah kaya pelatih yang gak berhenti teriak menyemangati rekan timnya. Inilah yang disebut LEADERSHIP.... cc Surya Kresnanda

Dalam bisnis pun begitu. Seperti kata John Maxwell, 

"Level Bisnis Anda tak akan bertumbuh melebihi level leadership yang Anda miliki".

Pertanyaannya, bagaimana leadership Anda dalam memimpin perusahaan? Renungkan...

Semoga analisa sotoy saya ini bermanfaat... ^_^ 

Tentu kalau bermanfaat, share ya...

"Bermimpi itu GRATIS, jadi teruslah bermimpi!" (Christiano Ronaldo)

-------------------------
Dewa Eka Prayoga



Read more
10 July 2016
no image

Anda ingin punya usaha online shop?
Atau Anda sudah memiliki bisnis online tapi masih sepi dari orderan?
Anda mengira online shop itu mudah?

Hehehe, tidak semudah yang orang ceritakan kepada Anda.

Tulisan saya kali ini mungkin akan berbeda dengan apa yang diceritakan oleh kebanyakan orang tentang online shop.

Lho katanya online shop itu mudah?
Mudah bagi orang-orang yang memang sudah mengerti dan memperhatikan hal-hal sepele, yang dapat berpengaruh besar kepada penjualan / bisnis online shop Anda.

Inilah ketidakmudahan dalam menjalankan online shop, yang harus Anda perhatikan.

1. Menjaga postingan / update status Anda.
Banyak para pebisnis olshop (online shop) yang hanya asal dagang. Setelah update status galau bahkan marah-marah (entah sama temennya, kompetitornya, pacarnya, atau bahkan sama selingkuhannya), mereka tiba-tiba posting jualannya. Kira-kira calon pembeli Anda akan berpikiran apa tentang dagangan Anda? Mereka (sedikit atau banyak), akan cuek terhadap dagangan Anda, bahkan ada yang akan takut membeli.
So, jaga postingan Anda untuk tetap positif. Berikan postingan yang isinya penuh motvasi, penuh doa, ilmu pengetahuan, dan status positif lainnya. Tahan luapan rasa marah, kecewa, dan hal-hal negatif Anda pada social media Anda.

Pencitraan dong?
Ya betul, Anda harus pandai melakukan pencitraan. Kenapa? Karena saya yakin, saat Anda posting jualan Anda di media sosial, berarti Anda menganggap bahwa teman-teman Anda di media sosial itu adalah target market Anda. Ya apa iya?

Tonjolkan diri Anda sebagai seorang pebisnis yang handal, ramah, dan penuh energi positif.

Pernah dengar istilah men behind the gun? Ini sangat berlaku dalam dunia bisnis. Calon pembeli Anda (terutama teman Anda) akan membeli karena SIAPA ANDA, bukan karena APA DAGANGAN ANDA.

2. Mengerti karakteristik sosial media
Sebagian orang menganggap semua media sosial itu sama. Bagi saya tidak. Semua punya keunikan masing-masing.

Facebook, berbeda dengan twitter, berbeda juga dengan instagram, berbeda pula dengan path dan sebagainya. 

BBM berbeda dengan whatsapp, berbeda juga denga line atau lineat, apalagi kakao talk, telegram, we chat dan sebagainya.

Saya yakin, Anda ga mau capek dan masih memberikan postingan yang sama dalam banyak social media.

Misalnya, Anda posting di path, Anda linking kan ke twitter dan facebook. Anda posting di instagram, Anda linking kan ke facebook. Alamak.... Padahal mereka beda karakter.

Saya tidak bahas bagaimana karakter masing-masing social media, itu harus Anda temukan sendiri. Hehehe

3. Tak Kenal Waktu
Saat Anda posting barang dagangan Anda di social media, facebook atau website misalnya, postingan tersebut akan dapat dilihat selama 24 jam nonstop. Asyik kan? Ya.. Sangat mengasyikkan.

Dan siap-siap juga calon customer Anda juga akan menghubungi Anda saat mereka ingin menghubungi, alias 24 jam juga. Asyik kan?

Apabila Anda tidak mencantumkan waktu operasional Anda, maka Anda harus siap sedia selama 24 jam nonstop.

Kenapa? Karena banyak calon pembeli membutuhkan penjual yang fast respon. Anda sendiri juga pasti senang kan kalo dilayani secara cepat oleh penjual / supplier Anda?


4. Banyak hal yang harus dipelajari.
Online shop, ga hanya soal update status di facebook.
Online shop, ga hanya soal posting dagangan di Tokopedia
Ada banyak hal yang harus Anda pelajari.

Contohnya apa kak?


a. Anda harus sedikit banyak mempelajari tentang SEO agar barang dagangan Anda dapat mudah ditemukan saat orang mencari-cari di internet. Ingat setiap social media beda karakter lho ya.

b. Anda harus belajar tentang waktu. Waktu kapan saja target market Anda kira-kira sedang online, agar postingan Anda lebih lebh efektif.

c. Anda harus belajar menulis. Anda bukan alay, Anda seorang pebisnis. Bukan lagi menulis seperti 'cemungudth eaa kakaagh'.

d. Anda harus belajar bagaimana menjadi orang lain. Posisikan Anda sebagai calon pembeli Anda, bagaiana perasaannya apabila dia menerima postingan Anda, bagaimana perasaannya ketika mendapatkan broadcast message Anda.

e. Anda harus mempelajari perasaan calon pembeli. Menjawab pertanyaan saat berbicara langsung dengan calon pembeli, akan berbeda dengan menggunakan chatting.

f. Anda harus belajar teliti, jangan sampai salah menulis (typo). Apalagi sampai yang muncul kata-kata tidak etis. Contohnya, saat akan menulis TAU, ternyata jadinya TAI karena hurufnya berdekatan, (maaf, hanya contoh lho ya)

g. Saat menggunakan iklan berbayar, Anda harus belajar tentang iklan. Agar biaya yang Anda keluarkan efektif dan efisien

h. dan masih banyak hal lainnya...

5. Foto yang menarik
Dari namanya saja online shop, pastinya hal pertama yang nampak adalah visual. Untuk itu dibutuhkan teknik foto yang menarik, jelas gambarnya, sesuai dengan barang dagangannya. 

Maksudnya gimana tuh kak?

Pernah posting foto dagangan tapi setelah dilihat gambarnya ga jelas, pecah-pecah, ngeblur dan sebagainya. Jangan lakukan lagi ya.

Jika Anda dapat foto dari supplier, mintalah yang kualitas tinggi.

Jika Anda foto sendiri, perhatikan pencahayaan, tempat dimana foto diambil dan sebagainya. Misalnya Anda jual makanan, jangan foto makanan di atas lantai meskipun lantai itu sudah bersih. Carilah meja. Sederhana kan? Tapi punya pengaruh.

Jadi sudah tau kan sedikitnya ada 5 poin ketidakmudahan dalam menjalankan bisnis online? Semoga kita menjadi lebih baik kedepannya. Intinya adalah PENCITRAAN, ya apa iya?

Sekian, semoga bermanfaat.



-
Read more
16 May 2016
Sebuah Keyakinan Pada Diri Sendiri

Beberapa hari lalu saya mengikuti sebuah camp, dimana isinya dihadiri oleh anak-anak muda yang penuh semangat berwirausaha. Saya pikir saya yang paling tua, ternyata ada beberapa yang usianya lebih dari saya. Tapi tetap saja, saya masuk golongan tertua. Hahahasem...

Saya mendapatkan jatah teman sekamar dari Malang, Jawa Timur. Dia bernama Annur. Setelah ashar, kami masuk hotel dan berkenalan sampai akhirnya dia bercerita tentang usahanya. Dia merupakan seorang supplier hotel. Yang dia supply seperti sandal, sabun, dan lain-lain untuk kebutuhan kamar hotel.

Take action make it happen !!!
Hebatnya usaha itu adalah usaha yang ga disangka oleh dia. Suatu ketika saat jadi karyawan, dia didatangin oleh pemilik hotel. Pemilik hotel tanya kepada Annur sambil menunjukkan sebuah sandal hotel, "kamu tau ga di sini yang bisa bikin kayak gini". Karena Annur ga tau, dia dikasih tugas untuk mencari tau.

Setelah beberapa lama dia mencari tau, dia menghadap pemilik hotel "Pak ga ada yang bisa bikin sandal kayak gitu daerah sini". Anehnya pemilik hotel tadi menawarkan ke teman baru saya itu "kamu aja yang bikin, nih 3 juta buat modal". Annur galau, tapi dia mengambil kesempatan, yang akhirnya dia memutuskan resign dari karyawan untuk menggeluti usaha produksi sandal hotel ini.

Setelah beberapa tahun, Annur dapat masukan dari temannya untuk membesarkan usahanya, karena potensinya bagus. Tapi Annur tidak yakin bisa membesarkan usahanya dan merasa cukup begini saja, karena pelanggannya sudah ada 32 hotel di Malang.

Perbincangan perkenalan kita tidak lama, karena sudah waktunya berkumpul di sebuah meeting room untuk materi pertama. Materi yang membutuhkan konsentrasi tinggi, menguras pikiran dan jiwa. Materi yang sempat membuat banyak jiwa terguncang. Luar biasa, ga terasa sudah sampai dini hari. Tidak sempat ngobrol sama sekali, dan tertidur.

Pagi harinya, mungkin kita masih sama2 ngantuk meski sudah mandi, tidak ada obrolan sama sekali. Kita hanya menyeduh teh hangat yang kita buat bersama dalam sebuah kebisuan suasana. Tapi tiba-tiba dia berjalan menuju pojok ruangan untuk mengambil kertas. Dia menulis sesuatu, dan ga lama kemudian dia menyerahkan kertas itu kepada saya. Ini isinya...

'Bro aku saiki YAKIN'
Saya kaget setelah melihat isi kertas itu, saya terharu dan merangkulnya. Seperti sahabat lama yang sudah lama tidak ketemu. Hari-hari berikutnya tampak wajah optimis yang ada dalam dirinya. Lagi-lagi saya terharu... Tampak wajah optimis di hari terakhir diantara teman-teman peserta. Aura optimis dan keyakinan luar biasa sudah ada dalam diri kami masing-masing.

Alhamdulillah...
Terima kasih saya sudah diberi kesempatan luar biasa bertemu orang-orang yang memiliki value yang tinggi, dan akan lebih tinggi lagi. Terima kasih Ecamp, Entrepreneur Camp.


Read more
21 March 2016
Selamat Jalan Kakek Pendongeng


Kullu nafsin dzaiqotul maut. Semua yang bernyawa akan mati.

Dulu saat kecil, setiap mudik saya selalu ingin tidur sama kakek pendongeng ulung ini, karena selalu didongengin sampe saya tidur. Si kancil yang nakal dan cerdik, si ande-ande lumut, nawang wulan, dan banyak cerita dongeng lainnya.

Si kakek yang juga punya jiwa entrepreneur di usia muda masih usia 20an sudah memiliki 2 rumah besar di daerah Malang.

Si kakek yang punya keinginan besar untuk memajukan budaya dan adat jawa yang sampai mencetak buku pelajaran bahasa jawa.

Si kakek yang sampai akhir hayatnya punya cita-cita untuk mengenalkan budaya jawa keliling dunia. Karena menurut beliau, budaya jawa memiliki nilai kearifan yang pasti bisa diterima oleh semua orang di dunia ini.

Selamat jalan kek, semoga semua amal ibadahmu diterima Allah swt, semoga khusnul khotimah.
Read more
14 March 2016
Eh, Masuk Koran Lagi

Kali ini jadi artisnya bareng temen-temen komunitas. YUK, Young Entrepreneur Nganjuk yang baru saja kami bentuk sekitar bulan Oktober 2015 lalu.

Tujuan kami ga lain adalah berbagi manfaat, menebar kebaikan. Insya Allah tak berpamrih.

Sang wartawan pun kali ini punya pertanyaan yang sama dengan kebanyakan orang-orang Nganjuk yang tau tentang komunitas kami ini.

Dia bertanya 'lalu keuntungan apa yang mas Puguh dapat dari membentuk komunitas ini? kan waktunya bisa untuk membangun dan mengembangkan bisnis pribadinya mas Puguh'. Dan saya jawab 'Gusti Allah mboten sare mas'.

Nah, kirain kalimat2 motivasi seperti itu ditampilkan di liputan kali ini, ternyata tidak. Tapi alhamdulillah, komunitas kami semakin dikenal, dan lebih bahagianya lagi, saat beberapa teman-teman yang produknya semakin membaik, baik dari sisi kemasan yang sekarang bisa jauh lebih menaik, juga dari sisi pemasaran.

Sekarang makin banyak teman yang mendukung komunitas ini, dan semoga bisa lebih bermanfaat lagi. Kita memang harus berjalan berbarengan. Ada info menarik, langsung diinformasikan ke setiap anggota. Karena kalo kita berjalan sendiri-sendiri, berjuang sendiri-sendiri, hasilnya akan kurang maksimal.

Bergerak bersama dari desa, untuk kemanjuan desa.
Read more
02 February 2016
Teknik Marketing Langit

TEKNIK MARKETING LANGIT YANG BISA MENGAKIBATKAN SESEORANG BISA KEBANJIRAN ORDER DALAM WAKTU SINGKAT

Saya beberapa kali bertemu dan belajar dengan para pengusaha-pengusaha yang omsetnya sudah milyaran per bulan bahkan perhari dan perusahaanya selalu mengalami kebanjiran order.

Ketika saya belajar dengan mereka, saya sangat terkejut sekali ketika sudah membahas soal Markeing Langit...

Ternyata para pengusaha tersebut yang omsetnya bisa milyaran per bulan, mereka bisa mendapatkan omset segitu karna mereka mempraktekan ilmu marketing langit terlebih dahulu sebelum mempraktekan ilmu marketing bumi

Apakah Anda sudah tau Marketing Langit itu apa?

Marketing Langit itu adalah usaha-usaha yang kita lakukan selain dengan ilmu-ilmu dunia (Ilmu Marketing, Ilmu Closing, dll )

Lalu Contoh dari Marketing Langit itu apa saja?

1. Ketaatan para istri kepada suaminya
2. Melaksanakan Ibadah Solat wajib tepat waktu
3. Melaksanakan ibadah solat sunnah (Dhuha & Tahajud)
4. Sedekah Setiap Hari
5. Berbakti kepada orang tua
dan
6. Bersilaturahim

Nahh, kebanyakan dari anda mungkin ada yang lebih memikirkan urusan marketing dunia daripada marketing langit saat ini.

Sekarang coba anda renungkan "Sebenernya anda berbisnis saat ini hanya untuk mengejar urusan dunia saja atau anda berbisnis untuk mengejar urusan akhirat?"

Jika anda dalam berbisnis hanya mengejar urusan dunia pantaslah anda mengalami hal-hal seperti ini:

1. Closing sedikit anda marah-marah
2. Ketika anda berbisnis yang penting untung banyak, masalah produk bermanfaat atau tidak saya tidak mau tau
3. Marah-marah di sosial media ketika di phpin customer
4. Maksa-maksa customer untuk cepat-cepat transfer dan beli produk yang kita jual
5. Jengkel pada upline yang ga bisa bimbing
6. Jengkel pada member jika mereka ga aktif
7. Anda terobsesi pengen cepat kaya dalam waktu singkat sehingga dalam berbisnis anda tidak ingin tau ini bisnis atau haram 

Jika anda dalam berbisnis seperti itu naudzubilah, Sesungguhnya urusan dunia itu hanyalah tipuan belaka, dan sesungguhnya kehidupan akhirat itulah yang akan kekal.

Percayalah jika anda berbisnis hanya terobsesi dalam urusan uang/dunia saja saja maka :
1. sebanyak apapun anda mempunyai harta maka anda tidak akan pernah merasa cukup.
2. Walaupun Anda mempunyai harta ratusan juta maka hatimu akan mengalami kegelisahan yang terus menerus seolah-olah hidup ini tidak ada artinya
3. Anda akan semakin jauh dari pertolongan Allah Ta'ala
4. Anda akan semakin jauh dari apa yang yang diperintah Allah Ta'ala dan Rasulnya.

Apalagi jika anda dalam berbisnis sudah mengabaikan urusan halal dan haram.

Janganlah kamu berpikir bahwa "Cari uang yang haram aja susah apalagi yang halal"

Sungguh cara berpikir orang demikian adalah cara berpikir orang-orang bodoh.

Rejeki Allah Itu Luas dan Rejeki yang halal pun masih banyak di dunia ini tapi kenapa anda masih mencari nafkah/harta dari jalur yang haram.

Apakah Anda tidak kasihan dengan anak dan pasangan anda, mereka di kasih makan dari jalur yang haram.
Jika anak anda di beri makan dari jalur yang haram, maka mau jadi apa nantinya anak anda?

Jika anda dalam mencari rejeki dari jalur yang haram maka anda akan mengalami hal-hal seperti ini :
1. Keluarga berantakan
2. Anak kurang ajar dan tidak mau nurut sama orang tuanya
3. Suasana rumah terasa seperti neraka dan merasa sudah tidak ada lagi ketenangan di rumah
4. Anda mencari kesenangan kesenangan dunia agar hati anda tenang tetapi justru yang di dapat malah hati anda akan semakin gelisah

Jika anda berbisnis sudah mengalami hal hal seperti ini maka "Segeralah bertaubat" dan luruskan niat anda dalam berbisnis.

Bukankah anda sudah sering mendengar perkataan seperti ini "BISNIS ITU BUKAN MASALAH UNTUNG RUGI TETAPI MASALAH SURGA DAN NERAKA"

Memanglah demikian, Berbisnis itu bisa mengakibatkan seseorang masuk surga dan bisa mengakibatkan seseorang masuk neraka.

Bisnis itu bisa mengakibatkan seseorang yang tadinya susah menjadi sangat kaya raya 

Bisnis itu bisa mengakibatkan seseorang yang tadinya kaya raya menjadi miskin sekali

Bisnis itu bisa mengakibatkan seseorang yang tadinya rajin beribadah menjadi lalai dalam beribadah
ada juga

Bisnis itu bisa mengakibatkan seseorang yang tadinya lalai dalam beribadah setelah berbisnis justru malah semakin dekat dan rajin dalam beribadah.

Kembali Lagi ke teknik marketing langit.
Sebelum anda belajar marketing dunia sebaiknya anda perbaiki dulu marketing langitnya, agar apa?

Agar percepatan bisnis anda meningkatkan jauh lebih cepat.

Mulai sekarang coba :
1. Perbaiki Hubungan antara anda dan suami anda. Rejeki suami itu tergantung pada istrinya. Jika istrinya semakin soleha maka rejeki suami dan keluarganya akan di permudah :)

Berikut 9 Ciri-Ciri Wanita Yang Akan Membawa Rezeki Buat Suaminya :
1. Wanita yang taat pada Allah dan rasulNya.
2. Wanita yang taat pada suaminya.
3. Wanita yang melayani suaminya dengan baik.
4. Wanita yang berhias hanya untuk suaminya.
5. Jika ditinggal menjaga kehormatan dan harta suami 
6. Wanita yang senantiasa meminta ridha suami atasnya
7. Wanita yang menerima pemberian suami dengan ikhlas
8. Wanita yang bisa menjadi partner meraih ridha Allah.
9. Wanita yang tak pernah putus doa untuk suaminya.

2. Solat wajib dijalankan tepat waktu
Untuk perempuan lebih baik solat di rumah, jika ingin di masjid boleh asalkan dapat ijin dari suaminya
Untuk Laki-laki di wajibkan untuk di masjid secara berjamaah

3. Melaksanakan ibadah solat sunnah ( Dhuha Dan Tahajud)
Kerjakan solat sunnah dhuha 6 rakaat dan solat tahajud 11 rokaat jika rejeki anda ingin di lancarkan.
Jika anda ingin kaya dalam 40 hari lakukan solat sunnah ini dalam waktu 40 hari tanpa putus 1 hari pun. (Ilmu dari Mas Ippho)

4. Sedekah Setiap Hari
Sedekah itu lebih baik sedikit tapi tiap hari daripada banyak tapi cuman sekali.
Jauh lebih baik jika sedekahnya banyak dan tiap hari :) heee

Alhamdulilah saya pernah praktek ilmu sedekah ini hasilnya luar biasa.
Dulu saya praktek sedekah 20% dari penghasilan setiap hari saya :) kehidupan saya jauh lebih baik.

Tapi jika anda masih pemula saya sarankan rutinkans sedekah 1000 setiap hari, dan jangan sampai putus dalam waktu 40 hari :)

5. Berbakti kepada orang tua
Jika anda sampai detik ini masih punya kedua orang tua muliakan mereka. Terutama ibu.
Ibumu itu keramat. Semakin kamu memuliakan ibumu, hidup anda akan jauh lebih baik daripada sekarang :)
Minta doa ke mereka agar urusan kehidupan anda selalu di permudah.

6. Silaturahim
Mulai sekarang anda seringkan silaturahim ke orang-orang entah itu di dunia online atau offline tujuannya adalah menjalin rasa kekeluargaan.
Jangan sampai anda silaturahim cuman pas ada butuhnya doang. 

Ingat,

"SEBELUM ANDA MENJALANKAN STRATEGI MARKETING BUMI, ANDA JALANKAN DULU STRATEGI MARKETING LANGIT"

Karna sebaik apapun rencana anda tidak akan bakal terwujud jika Allah Ta'ala tidak meridhoi.

"DALAM HAL APAPUN BIASAKAN MENGGUNAKAN PRINSIP : ALLAH DULU, ALLAH LAGI, DAN ALLAH TERUS"

Karna semua yang ada di dunia ini sudah di atur sama Allah Ta'ala. Anda minta mobil mintanya ke Allah, Anda pengen umroh di bulan maret mintanya ke Allah, Anda pengen banjir order mintanya ke Allah Juga :)

"BERSUYUKURLAH APA YANG SUDAH ANDA MILIKI"

Sebelum anda menerima rejeki yang lebih banyak lagi lebih baik anda bersykur terlebih dahulu. Perbesar wadahnya, Dan Pantaskan diri terlebih dahulu jika anda ingin minta rejeki yang lebih banyak.

Jangan sampai anda Lalai dari urusan akhirat karna urusan-urusan dunia.
Sungguh URUSAN DUNIA ITU MENIPU.

Luruskan niat ibadah yang semata-mata hanya untuk Allah swt. Berdoa juga disertai berusaha itu wajib hukumnya.  Jika tidak ingin miskin kuasai ilmu hutang,  kalo ingin kaya kuasai ilmu bisnis. Niatkan semua itu hanya untuk ibadah.

Ada banyak ayat yang bercerita bahwa urusan akhirat jauh lebih baik daripada urusan dunia :

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (QS Al-An’aam ayat 32)

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui” (QS Al-Ankabut 64).



Sumber : WA Group



Read more