Skip to main content

Posts

Showing posts from 2016

Donor Darah YUK

Waktu sudah menunjukkan jam 9 pagi, di hari Jumat yang cerah 25 Nopember 2016. Saya bergegas ngebut menuju beberapa titik dari rumah. Sudah terlambat 1 jam dari janjian dengan teman-teman Young Entrepreneur Nganjuk (YUK). Karena saya harus mengantar Ibu belanja ke pasar terlebih dahulu. Tujuan pertama ke Bank BRI, dan alhamdulillah offline, saya gas ke tujuan kedua, mengantar bawang goreng ke toko sepatunya teman, dan alhamdulillah teman saya ga ada (belum datang). Dan akhirnya saya meluncur ke PMI tempat berkumpulnya teman-teman. 
Saya cek waktu menunjukkan pukul 09.16 WIB. Masuk ke PMI sama teman-teman langsung disodorkan timbangan badan, lalu tanpa ba bi bu, dicek tensi dan darahnya. LULUS. Isi form, dan langsung cusss. Jarum masuk ke tangan untuk pengambilan darah.

Total waktu begitu cepat, tidak sampai setengah jam. Dan ini adalah kali pertama saya mendonorkan darah. Dulu beberapa kali saya ditolak untuk donor darah, di Jakarta, maupun di Jogja, saat saya masih bekerja, karena b…

Jadi Dosen Tamu

Tanggal 17 Nopember 2016 kemarin akhirnya saya memenuhi janji saya kepada salah satu dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya untuk mengisi kuliah tamu di jurusan D3 Teknik Elektro. Awalnya saya bingung mau membicarakan tentang apa, karena saya sudah ga begitu update tentang elektronika. Beliau meminta untuk membahas tentang entrepreneurship. 
Bahasa mudahnya, membahas bisnis di depan ratusan anak teknik elektro. Itu tantangannya.
Nah sampai di ruangan, baru saya memutuskan untuk mengisi tentang apa. Dan alhamdulillah ga sadar, 3 jam saya berdiri di depan. 
Waktu memasuki kampus itu, ITS Surabaya, saya jadi ingat memori-memori beberapa tahun yang lalu. Saya belajar di situ. Pagi, siang, malam, banyak saya habiskan di kampus.
Dari bundaran ITS, tempat parkir, masuk ke gedung, sampe di ruang kuliah, semuanya membuat saya pengen kuliah lagi. Hehe doain ya..

Mengajar, memang menjadi salah satu cita-cita saya dari dulu. Ingin berbagi ini itu yang saya tau. Dan alhamdulillah kemar…

Kita Tau, Tapi Tak Peduli

Kita mengetahui, solat secara berjemaah itu adalah sunnah, mendapat lebih 27 darjat lebih berbanding solat bersendirian. Tetapi ruginya kita masih tidak mampu untuk berjemaah di masjid atau surau.
Kita mengetahui, bahwa ucapan "Subhaanallaahi wa bihamdihi" sebanyak 100 kali dalam sehari akan menghapuskan dosa-dosa kita, walaupun dosa kita sebanyak buih di lautan. Akan tetapi sayang, Berapa banyak hari kita yang berlalu tanpa kita mengucapkannya sedikitpun.
Kita mengetahui, bahwa pahala dua rakaat Dhuha setara dengan pahala 360 sedekah, akan tetapi sayang, hari berganti hari tanpa kita melakukan solat Dhuha.
Kita mengetahui, bahwa orang yang berpuasa sunnah kerana Allah satu hari saja, akan dijauhkan wajahnya dari api neraka sejauh 70 musim atau 70 tahun perjalanan. Tetapi sayang, kita tidak mahu menahan lapar.
Kita mengetahui, bahwa siapa yang menjenguk orang sakit akan diikuti oleh 70 ribu malaikat yang memintakan ampun untuknya. Tetapi sayang, kita belum juga menjenguk sa…

Kunjungan Pertama Dari Jauh

Hari ini, merupakan hari yang berbeda di rumah produksi bawang goreng nabati. Karena mendapat kunjungan dari Bank Indonesia beserta rombongan UKM dari Boyolali, juga beberapa dinas terkait dari Pemkab Boyolali.

Ini merupakan kunjungan pertama, selama memiliki usaha ini. Mereka berkunjung untuk belajar, bagaimana mengolah bawang merah sehingga memiliki nilai jual tinggi. Mereka mencari tau, rahasia apa yang ada di rumah produksi sehingga dapat menghasilkan bawang goreng yang renyah dan wangi. Itu saja sebenernya.

Dan akhirnya saya buka semuanya, termasuk strategi pemasaran kami. Berikut dokumentasinya. Dan terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses.





Surat Untuk Teman-Teman UKM Ku

Teman, saya mengucapkan selamat telah memilih jalan hidupmu sebagai seorang wirausahawan. Ada banyak harap dari banyak orang kepadamu, ada banyak doa yang tertuju untukmu. Tetaplah berjuang untuk kemajuan usahamu. 
Tolong jangan terlalu melihat ke samping (melihat usaha orang lain), teruslah melihat ke depan, fokuslah sama usahamu saat ini, fokuslah pada visi misimu sendiri. Bertahanlah minimal 5 tahun untuk mempertahankan produkmu sendiri. Negara ini butuh dirimu. Negara ini butuh produkmu. Negara ini sedang kekurangan produk asli anak negeri. Dari kita bangun tidur, sampai tidur lagi, mayoritas kita mengkonsumsi produk negara lain.

Saat kita memakai baju, semoga baju kita, bajumu, baju karyawanmu, semoga di cetak sama temanmu dari Indonesia, semoga benangnya dari pabrik yang asli milik Indonesia, dan semoga bahan baku dan alat-alat di pabrik benang itu juga buatan dari Indonesia.
Teman, saya titip salam untuk anak-anakmu. Ga perlu bercita-cita tinggi untuk menjadi presiden, atau as…

Jangan Seperti Mengumpulkan Harta Disebuah Tas Yang Berlubang

Sebuah pengingat untuk diri saya pribadi.
Engkau memperbaiki wudhu'mu, namun dengan cara berlebihan dalam menggunakan airnya.
Engkau bersedekah kepada orang yang kau anggap layak diberikan, namun engkau merendahkan dan menyakiti perasaan dan hatinya.
Engkau shalat malam, puasa di siang hari, mematuhi Rabbmu, namun engkau memutuskan tali silaturrahim.
Engkau berpuasa dan bersabar menahan lapar dan dahaga, namun lisanmu dengan mudah melaknat dan mencela.
Engkau menggunakan pakaian serba longgar dan berlapis menutupi kepala dan badanmu, namun tdk sedikit pun engkau menjaga lisan dan sikapmu untuk lebih menghormati orang lain.
Engkau muliakan tamu, namun saat dia keluar engkau meng'ghibahinya dan menyebut keburukan-keburukannya,
Jangan kumpulkan kebaikan-kebaikanmu di sebuah kantong yang berlubang...
Engkau mengumpulkannya dengan susah payah, namun dengan mudahnya kebaikanmu berguguran karena perbuatanmu sendiri tanpa kau sadari...
Hingga akhirnya rahmat dari kebaikan-kebaikan yg …

Tidak Perlu Malu Jualan

Sebagian dari kita mungnkin masih ada yang merasa malu untuk menjual sebuah barang / jasa. Dan itulah salah satu penyebab kenapa sampai sekarang tidak mau jadi pengusaha. Malu, gengsi, takut ditolak, juga takut gagal.
Coba mari kita pikirkan. Sejatinya diri kita semua adalah seorang penjual. Nulis status di sosmed, sejatinya kita ingin 'menjual' siapa diri kita. Bener kan?
Saat kita punya dagangan, coba kita rubah mindset kita. Kita bukan jual produk, tapi kita memberi solusi kepada orang lain. Saat jual bawang goreng, kita kasih solusi kepada orang agar orang tersebut tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengiris bawang merah yang pedas di mata itu. Solusi-solusi tersebut kita kemas dalam sebuah produk barang atau jasa.
Produk yang memiliki solusi tinggi, akan cepat laku di pasaran. Produk yang susah laku, mungkin produk itu bukan sebuah solusi kebanyakan orang. Atau mungkin Anda tidak menawarkan solusi. So, mari kita tawarkan solusi, niatkan untuk menolong orang. Dan Anda …

Cara Mudah Menaikkan Omset

Pengalaman yang saya ceritakan ini sangat sering saya alami. Yaitu saya jadi tergiur untuk berbelanja lebih banyak daripada yang saya rencanakan. Ya memang dasarnya saya mungkin orang yang mudah lapar mata saja sih.
Mungkin hampir semua orang sudah mengalami hal serupa seperti saya, tapi lupa untuk tidak dipraktekkan sendiri dalam bisnisnya. Apa itu? Dengan melakukan cross selling dan up selling.
Pernah beli di McD, saat mau membayar ditawarin kentangnya sekalian kakak ? Atau pada saat ke Indomaret, saat mau membayar ditawarin juga pulsanya sekalian kakak? dan lain sebagainya...
Dari situ saya mencoba untuk mempraktekkan dalam usaha onlineshop saya, yaitu Bawang Goreng Nabati. Dagangan saya hanya 1 jenis saja dan hanya memiliki berat 100 gram. Saya selalu mencoba melakukan upselling. Saat ada orang membeli hanya 5 pcs, saya mencoba menawarkan sekalian 9 pcs saja, karena biaya kirimnya juga sama masih masuk 1 kg. Dan alhamdulillah 90% konsumen jadi order lebih banyak.
Bersyukurlah And…

Belajar SEO Untuk Online Shop

Siapa sih yang ga pengen bisnisnya ada di halaman 1 dari mesin pencarian?
Nah, di postingan ini saya menyadur postingan dari guru online shop saya, yaitu Bapak Suryadin Laoddang atau yang dikenal dengan dosen jualan.

Beliau sangat cerdas, dan membagi urutan praktek SEO menjadi beberapa level, sehingga sangat mudah kita praktekkan. Silakan praktekkan sesuai dengan level paling mudah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan sampai level paling expert.
Berikut pembagian levelnya :
Level PAUD 1.Ceritakan Notes Anda di Dunia Maya / Paksa Google

Level TK 1.Promo dari Mulut ke Mulut ( Google Ping ) 2.Sebarkan Kartu Nama ( Ping Service )
Level SD 1.Promo dari Ke Tukang Sayur ( Sosial Ping ) 2.Sebarkan SMS ( Add URL Submit ) 3.Sebarkan Brosur ( Sosial Bookmark ) 4.Sebarkan Broadcast ( Auto URL Submit ) 5.Kirim Proposal ( Pasang Iklan Forum ) 6.Kirim Surat Penawaran ( Pasang Iklan Gratis )
Level SMP
1.Pasang Poster ( Pasang Iklan di Market Place ) 2.Pasang Spanduk ( Pasang Iklan Direktori ) 3.Sebarkan Baliho ( Sub…

Desa Wisata Petungulung, Margopatut, Nganjuk

Hari ini tadi saya mengikuti sebuah diskusi tentang UKM dan beberapa Bank di Nganjuk bersama salah seorang anggota DPD RI. Ditengah diskusi tersebut ada seorang wanita yang mengutarakan uneg-unegnya mengenai sebuah kawasan desa wisata di Kabupaten Nganjuk, sebut saja Bu Ima. Nah dari penjelasan beliau, saya langsung berkata dalam hati "waiki...
Saya jadi banyak teringat masa lalu saat di Jogja, begitu banyak desa wisata di sana, tapi di Nganjuk belum ada, sampai-sampai saya dan seorang kawan beberapa bulan lalu punya ide buat bikin ini. Tapi belum jadi-jadi, maklum kurang gerak sih...
Setelah acara selesai dan saat saya mau pulang, di parkiran tiba-tiba saya diajak seorang kawan untuk ngelihat sebuah desa wisata baru di daerah Kec Sawahan itu. Kawasan ini baru diresmikan sekitar bulan April 2016. Masih kinyis-kinyis tentunya, langsung aja berangkat kesana. Ternyata semobil sama bu Ima tadi. Ngobrol-ngobrol di dalam mobil, saya ambil kesimpulan "wah ini proyek luar bia…

Portugal EURO 2016 dan Bisnis Kita

Sedari dulu, Saya adalah penggemar Sepak Bola. Klub idola Saya adalah SS Lazio, sementara negara jagoan Saya adalah Jerman (tentu setelah timnas Indonesia) hehe ^_^
Nah, ceritanya tadi malam Saya nonton partai final Euro 2016 yang mempertemukan Portugal vs Perancis. Hasilnya? Portugal yang jadi juara. Yeah!
Lagi2, Saya bukan pendukung Portugal. Tapi entah kenapa, setelah Jerman keok (hikshiks...), Saya malah empati sama Christiano Ronaldo cs. heu
Yuk mari kita analisa secara "ngawur" kenapa Portugal bisa juara dan apa kaitannya dengan bisnis yang kita jalankan....
(1). KEBERUNTUNGAN ITU DICIPTAKAN
Berada di grup F bersama Hongaria, Islandia, dan Austria, Portugal justru lolos ke fase 16 besar dengan hanya membukukan 3 poin, alias 3x seri. Artinya, udah hampir gak lolos. Inilah keberuntungan pertama.
Di fase 16 besar, Portugal menghadapi Kroasia, yang sebelumnya menduduki peringkat pertama grup D, di atas Spanyol, malah Kroasia keok oleh Portugal  dengan skor 0-1. Assemnya, g…

Bisnis Online itu (tidak) Mudah

Anda ingin punya usaha online shop? Atau Anda sudah memiliki bisnis online tapi masih sepi dari orderan? Anda mengira online shop itu mudah?
Hehehe, tidak semudah yang orang ceritakan kepada Anda.
Tulisan saya kali ini mungkin akan berbeda dengan apa yang diceritakan oleh kebanyakan orang tentang online shop.
Lho katanya online shop itu mudah? Mudah bagi orang-orang yang memang sudah mengerti dan memperhatikan hal-hal sepele, yang dapat berpengaruh besar kepada penjualan / bisnis online shop Anda.
Inilah ketidakmudahan dalam menjalankan online shop, yang harus Anda perhatikan.

1. Menjaga postingan / update status Anda. Banyak para pebisnis olshop (online shop) yang hanya asal dagang. Setelah update status galau bahkan marah-marah (entah sama temennya, kompetitornya, pacarnya, atau bahkan sama selingkuhannya), mereka tiba-tiba posting jualannya. Kira-kira calon pembeli Anda akan berpikiran apa tentang dagangan Anda? Mereka (sedikit atau banyak), akan cuek terhadap dagangan Anda, bahkan a…

Sebuah Keyakinan Pada Diri Sendiri

Beberapa hari lalu saya mengikuti sebuah camp, dimana isinya dihadiri oleh anak-anak muda yang penuh semangat berwirausaha. Saya pikir saya yang paling tua, ternyata ada beberapa yang usianya lebih dari saya. Tapi tetap saja, saya masuk golongan tertua. Hahahasem...
Saya mendapatkan jatah teman sekamar dari Malang, Jawa Timur. Dia bernama Annur. Setelah ashar, kami masuk hotel dan berkenalan sampai akhirnya dia bercerita tentang usahanya. Dia merupakan seorang supplier hotel. Yang dia supply seperti sandal, sabun, dan lain-lain untuk kebutuhan kamar hotel.
Hebatnya usaha itu adalah usaha yang ga disangka oleh dia. Suatu ketika saat jadi karyawan, dia didatangin oleh pemilik hotel. Pemilik hotel tanya kepada Annur sambil menunjukkan sebuah sandal hotel, "kamu tau ga di sini yang bisa bikin kayak gini". Karena Annur ga tau, dia dikasih tugas untuk mencari tau.

Setelah beberapa lama dia mencari tau, dia menghadap pemilik hotel "Pak ga ada yang bisa bikin sandal kayak gitu …

Selamat Jalan Kakek Pendongeng

Kullu nafsin dzaiqotul maut. Semua yang bernyawa akan mati.
Dulu saat kecil, setiap mudik saya selalu ingin tidur sama kakek pendongeng ulung ini, karena selalu didongengin sampe saya tidur. Si kancil yang nakal dan cerdik, si ande-ande lumut, nawang wulan, dan banyak cerita dongeng lainnya.
Si kakek yang juga punya jiwa entrepreneur di usia muda masih usia 20an sudah memiliki 2 rumah besar di daerah Malang.
Si kakek yang punya keinginan besar untuk memajukan budaya dan adat jawa yang sampai mencetak buku pelajaran bahasa jawa.
Si kakek yang sampai akhir hayatnya punya cita-cita untuk mengenalkan budaya jawa keliling dunia. Karena menurut beliau, budaya jawa memiliki nilai kearifan yang pasti bisa diterima oleh semua orang di dunia ini.
Selamat jalan kek, semoga semua amal ibadahmu diterima Allah swt, semoga khusnul khotimah.

Eh, Masuk Koran Lagi

Kali ini jadi artisnya bareng temen-temen komunitas. YUK, Young Entrepreneur Nganjuk yang baru saja kami bentuk sekitar bulan Oktober 2015 lalu.
Tujuan kami ga lain adalah berbagi manfaat, menebar kebaikan. Insya Allah tak berpamrih.
Sang wartawan pun kali ini punya pertanyaan yang sama dengan kebanyakan orang-orang Nganjuk yang tau tentang komunitas kami ini.
Dia bertanya 'lalu keuntungan apa yang mas Puguh dapat dari membentuk komunitas ini? kan waktunya bisa untuk membangun dan mengembangkan bisnis pribadinya mas Puguh'. Dan saya jawab 'Gusti Allah mboten sare mas'.
Nah, kirain kalimat2 motivasi seperti itu ditampilkan di liputan kali ini, ternyata tidak. Tapi alhamdulillah, komunitas kami semakin dikenal, dan lebih bahagianya lagi, saat beberapa teman-teman yang produknya semakin membaik, baik dari sisi kemasan yang sekarang bisa jauh lebih menaik, juga dari sisi pemasaran.
Sekarang makin banyak teman yang mendukung komunitas ini, dan semoga bisa lebih bermanfaat …

Teknik Marketing Langit

TEKNIK MARKETING LANGIT YANG BISA MENGAKIBATKAN SESEORANG BISA KEBANJIRAN ORDER DALAM WAKTU SINGKAT
Saya beberapa kali bertemu dan belajar dengan para pengusaha-pengusaha yang omsetnya sudah milyaran per bulan bahkan perhari dan perusahaanya selalu mengalami kebanjiran order.
Ketika saya belajar dengan mereka, saya sangat terkejut sekali ketika sudah membahas soal Markeing Langit...
Ternyata para pengusaha tersebut yang omsetnya bisa milyaran per bulan, mereka bisa mendapatkan omset segitu karna mereka mempraktekan ilmu marketing langit terlebih dahulu sebelum mempraktekan ilmu marketing bumi
Apakah Anda sudah tau Marketing Langit itu apa?
Marketing Langit itu adalah usaha-usaha yang kita lakukan selain dengan ilmu-ilmu dunia (Ilmu Marketing, Ilmu Closing, dll )
Lalu Contoh dari Marketing Langit itu apa saja?
1. Ketaatan para istri kepada suaminya 2. Melaksanakan Ibadah Solat wajib tepat waktu 3. Melaksanakan ibadah solat sunnah (Dhuha & Tahajud) 4. Sedekah Setiap Hari 5. Berbakt…