Skip to main content

2015, Tahun Perubahan

Perubahan selalu terjadi kepada setiap manusia. Ada perubahan yang memang telah direncanakan oleh kita sendiri, maupun perubahan karena keadaan sekitar. Namun semua perubahan itu tidak lain tidak bukan karena Allah swt lah yang merubahnya. Kita hanya bisa berencana.

Hampir di setiap waktu, setiap hari, di tahun 2015 saya ingat detilnya. Ya, 2015 memang tahun yang sangat sangat mengesankan bagi saya. Plan yang saya buat untuk tahun 2015 tidak banyak yang tau, hanya beberapa kawan kerabat yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari 1 tangan. Boleh dibilang misi rahasia, hehe.

Saya melakukan suatu hijrah, dengan nekat (bukan tekat), melompati zona sangat nyaman, (yang sudah saya posting sebelumnya tentang 'pensiun dini' saya). Saya mencoba untuk menjadi wirausaha, tentunya dengan restu orang tua, istri, dan seluruh keluarga. Dengan restu-restu tersebut, alhamdulillah sangat ringan perjalanan saya.

Banyak sekali teman yang membantu dalam proses selama 2015 ini. Kemudahan-kemudahan dan keajaiban-keajaiban selama 2015 memang luar biasa. Ini karunia. Di mana ada restu dan doa, di situ ada keajaiban. Kalo boleh saya sebutkan satu-persatu kemudahan itu adalah sebagai berikut :

Januari
Target saya untuk mencari personil-personil penerus, sudah tercapai semua.

Februari 
Saya resign, dan berpamitan dengan banyak pihak. Nekat, karena belum tau mau ngapain setelah resign.

Maret
Saya akhirnya launching Bawang Goreng Nabati.


  1. H+3 dari resign, saya ketemu dengan petani bawang merah, dan menjalin kerjasama.
  2. H+4 dari resign, saya ketemu distributor toples terbesar di Nganjuk, dan ternyata lokasinya kurang dari 1 km dari rumah saya. Dan saya memang baru tau setelah sekian tahun tinggal di sini.
  3. Saya tidak bisa design, alhamdulillah di designkan logo oleh teman kantor, Ade Koko. Meskipun saat ini logo tersebut ada yang meniru, di usaha yang sama, dan di kota yang sama.
  4. Label kemasan, dibantu juga oleh sahabat saya juga, Dzofar.
  5. H+10 dari resign, produk saya launching.
  6. H+13 dari resign, ujian pertama datang, harga bawang merah melambung tinggi sampai ratusan persen kenaikannya.
  7. H+20 dari resign, saya stop produksi. Evaluasi sambil menunggu harga stabil.


April
 
  1. Sukses menggelar pernikahan adik kandung saya. 
  2. Beberapa teman memberikan masukan mengenai hasil produksi.
  3. Dari hasil keuntungan penjualan, alhamdulillah saya bisa membeli sebuah alat pengering.
  4. Tiba-tiba ada kenalan baru, yang dengan sukarela mengajarkan saya SEO dan masuk kedalam beberapa group baik di FB atau whatsapp yang dikelolanya.

Mei
  1. Mendapatkan sertifikat PIRT dari Dinas Kesehatan Nganjuk. Alhamdulillah adik kelas SMA saya, Erik Sulistyorini, adalah yang mengurusi hal ini. Gratis.
  2. Dibuatkan iklan di youtube, Cara Makan Enak di KFC oleh sahabat sekaligus guru saya di Jakarta, Udet Aidil. Gratis.
  3. Sahabat-sahabat saya yang sudah lama ga ketemu, membantu untuk perekrutan dan pembinaan reseller. Mereka adalah Zulfa dan Ucok Sulaiman.
  4. Punya akun Instagram. Dan secara ajaib 4 hari kemudian ada yang ngajari tentang Instagram, dia adalah Titis Mutiara. Belum pernah kenal tapi tiba-tiba sudah mau ngajarin. Gratis.

Juni
  1. Untuk menunjang distribusi produk saya, akhirnya membeli keagenan dari sebuah ekspedisi yang sudah 17 tahun berdiri, Wahana Ekspedisi.
  2. Varian ukuran kemasan, ada di bulan ini.
  3. Punya akun Line@. Dan diajari lagi oleh Titis Mutiara. Gratis.
  4. Saya resmi jadi seorang ayah.

Juli
  1. Penjualan makin meningkat, karena masuk bulan ramadhan dan lebaran. Bawang goreng digunakan sebagai makanan dan camilan tambahan saat kumpul sama keluarga.
  2. Setelah join group One Day One Juz dari temen-temen SMA, alhamdulillah bulan ini bisa khatam 30 juz, setelah bertahun-tahun saya ga bisa khatam.

Agustus
  1. Dapat undangan dari Dinas Kesehatan untuk mengikuti penyuluhan dari Badan POM dan MUI Pusat.
  2. Mulai sering ketemu dengan temen-temen UKM nganjuk.
  3. Mulai sering ketemu dengan dinas-dinas di Nganjuk.

September
  1. Launching kemasan baru berupa bungkus snack.

Oktober
  1. Group pembelajaran baik di whatsapp dan line sudah mulai banyak. Dari sebelum resign yang hanya 3 group, di bulan ini ada sekitar 35 group. 30 group isinya adalah belajar dari berbagai topik. Anggotanya luar biasa. Ada pak Dosen Jualan, sampai punggawanya bukalapak dan tokopedia.
  2. Mendapatkan SIUP. Gratis.

Nopember
  1. Lulus uji dari badan POM. Gratis.
  2. Mulai ketemu dengan orang-orang yang punya bisnis besar di sebuah group telegram.

Desember
  1. Launching produk baru berupa sambal pecel.
  2. Lulus uji dari MUI, dan di akhir tahun, pada tanggal 31 desember 2015 sudah mendapat sertifikat HALAL. Gratis.

Alhamdulillah, di tahun-tahun sebelumnya saya nyaris tidak bisa mengingat peristiwa-peristiwa penting pada bulan-bulan sebelumnya. Tapi 2015 adalah tahun perubahan yang mungkin tidak akan terlupa oleh saya.

Semoga tahun 2016 ini, bisa lebih bermanfaat, bisa lebih memberi kontribusi untuk saudara, maupun tetangga dan masyarakat yang lebih luas. Dulu saya punya cita-cita memiliki 1000 karyawan, dari kota tempat tinggal saya sendiri. Dan sampai di akhir 2015 saya baru bisa memiliki 5 karyawan dari tetangga-tetangga sekitar rumah, dimana mereka adalah ibu-ibu rumah tangga dan ada juga yang suaminya korban PHK.


Doakan saya, agar bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

Doa dan support dari Anda semua, sangat berarti bagi kami dan banyak masyarakat yang membutuhkan.

Bismillah, dengan nama Allah swt, kami melangkah di tahun 2016, tahun tantangan penuh persaingan global.

Kita pasti bisa.

Comments

Popular Posts

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya . Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini : 1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap? 2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir,

Desa Wisata Petungulung, Margopatut, Nganjuk

Hari ini tadi saya mengikuti sebuah diskusi tentang UKM dan beberapa Bank di Nganjuk bersama salah seorang anggota DPD RI. Ditengah diskusi tersebut ada seorang wanita yang mengutarakan uneg-unegnya mengenai sebuah kawasan desa wisata di Kabupaten Nganjuk, sebut saja Bu Ima. Nah dari penjelasan beliau, saya langsung berkata dalam hati " waiki... "  Saya jadi banyak teringat masa lalu saat di Jogja, begitu banyak desa wisata di sana, tapi di Nganjuk belum ada, sampai-sampai saya dan seorang kawan beberapa bulan lalu punya ide buat bikin ini. Tapi belum jadi-jadi, maklum kurang gerak sih... Bersama Pak Camat Sawahan Setelah acara selesai dan saat saya mau pulang, di parkiran tiba-tiba saya diajak seorang kawan untuk ngelihat sebuah desa wisata baru di daerah Kec Sawahan itu. Kawasan ini baru diresmikan sekitar bulan April 2016. Masih kinyis-kinyis tentunya, langsung aja berangkat kesana. Ternyata semobil sama bu Ima tadi. Ngobrol-ngobrol di dalam mobil, saya ambil

Ketika Anak Bertanya Tentang Allah

Allah itu Siapa? Utamanya pada masa emas 0-5 tahun, anak-anak menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan, yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi “tak mau tahu” alias ignoran, hehehe). Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya… Berikut ini saya ketengahkan beberapa pertanyaan yang biasa anak-anak tanyakan pada orang tuanya: Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Tanya 2: “Bu, Bentuk Allahitu seperti apa?” Tanya 3: “Bu, Kenapa kita gak bisa lihat Allah?” Tanya 4: “Bu, Allah itu ada di mana?” Tanya 5: “Bu, Kenapa kita harus nyembah Allah?”