Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2016

Cara Mudah Menaikkan Omset

Pengalaman yang saya ceritakan ini sangat sering saya alami. Yaitu saya jadi tergiur untuk berbelanja lebih banyak daripada yang saya rencanakan. Ya memang dasarnya saya mungkin orang yang mudah lapar mata saja sih.
Mungkin hampir semua orang sudah mengalami hal serupa seperti saya, tapi lupa untuk tidak dipraktekkan sendiri dalam bisnisnya. Apa itu? Dengan melakukan cross selling dan up selling.
Pernah beli di McD, saat mau membayar ditawarin kentangnya sekalian kakak ? Atau pada saat ke Indomaret, saat mau membayar ditawarin juga pulsanya sekalian kakak? dan lain sebagainya...
Dari situ saya mencoba untuk mempraktekkan dalam usaha onlineshop saya, yaitu Bawang Goreng Nabati. Dagangan saya hanya 1 jenis saja dan hanya memiliki berat 100 gram. Saya selalu mencoba melakukan upselling. Saat ada orang membeli hanya 5 pcs, saya mencoba menawarkan sekalian 9 pcs saja, karena biaya kirimnya juga sama masih masuk 1 kg. Dan alhamdulillah 90% konsumen jadi order lebih banyak.
Bersyukurlah And…

Belajar SEO Untuk Online Shop

Siapa sih yang ga pengen bisnisnya ada di halaman 1 dari mesin pencarian?
Nah, di postingan ini saya menyadur postingan dari guru online shop saya, yaitu Bapak Suryadin Laoddang atau yang dikenal dengan dosen jualan.

Beliau sangat cerdas, dan membagi urutan praktek SEO menjadi beberapa level, sehingga sangat mudah kita praktekkan. Silakan praktekkan sesuai dengan level paling mudah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan sampai level paling expert.
Berikut pembagian levelnya :
Level PAUD 1.Ceritakan Notes Anda di Dunia Maya / Paksa Google

Level TK 1.Promo dari Mulut ke Mulut ( Google Ping ) 2.Sebarkan Kartu Nama ( Ping Service )
Level SD 1.Promo dari Ke Tukang Sayur ( Sosial Ping ) 2.Sebarkan SMS ( Add URL Submit ) 3.Sebarkan Brosur ( Sosial Bookmark ) 4.Sebarkan Broadcast ( Auto URL Submit ) 5.Kirim Proposal ( Pasang Iklan Forum ) 6.Kirim Surat Penawaran ( Pasang Iklan Gratis )
Level SMP
1.Pasang Poster ( Pasang Iklan di Market Place ) 2.Pasang Spanduk ( Pasang Iklan Direktori ) 3.Sebarkan Baliho ( Sub…

Desa Wisata Petungulung, Margopatut, Nganjuk

Hari ini tadi saya mengikuti sebuah diskusi tentang UKM dan beberapa Bank di Nganjuk bersama salah seorang anggota DPD RI. Ditengah diskusi tersebut ada seorang wanita yang mengutarakan uneg-unegnya mengenai sebuah kawasan desa wisata di Kabupaten Nganjuk, sebut saja Bu Ima. Nah dari penjelasan beliau, saya langsung berkata dalam hati "waiki...
Saya jadi banyak teringat masa lalu saat di Jogja, begitu banyak desa wisata di sana, tapi di Nganjuk belum ada, sampai-sampai saya dan seorang kawan beberapa bulan lalu punya ide buat bikin ini. Tapi belum jadi-jadi, maklum kurang gerak sih...
Setelah acara selesai dan saat saya mau pulang, di parkiran tiba-tiba saya diajak seorang kawan untuk ngelihat sebuah desa wisata baru di daerah Kec Sawahan itu. Kawasan ini baru diresmikan sekitar bulan April 2016. Masih kinyis-kinyis tentunya, langsung aja berangkat kesana. Ternyata semobil sama bu Ima tadi. Ngobrol-ngobrol di dalam mobil, saya ambil kesimpulan "wah ini proyek luar bia…

Portugal EURO 2016 dan Bisnis Kita

Sedari dulu, Saya adalah penggemar Sepak Bola. Klub idola Saya adalah SS Lazio, sementara negara jagoan Saya adalah Jerman (tentu setelah timnas Indonesia) hehe ^_^
Nah, ceritanya tadi malam Saya nonton partai final Euro 2016 yang mempertemukan Portugal vs Perancis. Hasilnya? Portugal yang jadi juara. Yeah!
Lagi2, Saya bukan pendukung Portugal. Tapi entah kenapa, setelah Jerman keok (hikshiks...), Saya malah empati sama Christiano Ronaldo cs. heu
Yuk mari kita analisa secara "ngawur" kenapa Portugal bisa juara dan apa kaitannya dengan bisnis yang kita jalankan....
(1). KEBERUNTUNGAN ITU DICIPTAKAN
Berada di grup F bersama Hongaria, Islandia, dan Austria, Portugal justru lolos ke fase 16 besar dengan hanya membukukan 3 poin, alias 3x seri. Artinya, udah hampir gak lolos. Inilah keberuntungan pertama.
Di fase 16 besar, Portugal menghadapi Kroasia, yang sebelumnya menduduki peringkat pertama grup D, di atas Spanyol, malah Kroasia keok oleh Portugal  dengan skor 0-1. Assemnya, g…

Bisnis Online itu (tidak) Mudah

Anda ingin punya usaha online shop? Atau Anda sudah memiliki bisnis online tapi masih sepi dari orderan? Anda mengira online shop itu mudah?
Hehehe, tidak semudah yang orang ceritakan kepada Anda.
Tulisan saya kali ini mungkin akan berbeda dengan apa yang diceritakan oleh kebanyakan orang tentang online shop.
Lho katanya online shop itu mudah? Mudah bagi orang-orang yang memang sudah mengerti dan memperhatikan hal-hal sepele, yang dapat berpengaruh besar kepada penjualan / bisnis online shop Anda.
Inilah ketidakmudahan dalam menjalankan online shop, yang harus Anda perhatikan.

1. Menjaga postingan / update status Anda. Banyak para pebisnis olshop (online shop) yang hanya asal dagang. Setelah update status galau bahkan marah-marah (entah sama temennya, kompetitornya, pacarnya, atau bahkan sama selingkuhannya), mereka tiba-tiba posting jualannya. Kira-kira calon pembeli Anda akan berpikiran apa tentang dagangan Anda? Mereka (sedikit atau banyak), akan cuek terhadap dagangan Anda, bahkan a…