Skip to main content

Imam Keren

Hari jumat siang kemarin setelah survey di lapangan Maguwoharjo Yogyakarta untuk support internet di event Soundrenaline, saya dan Algifari iseng muter-muter Jogja pake mobil kantor (Biznet Networks) untuk cari masjid yang sudah tercover fiber optic Biznet. Dan setelah sekitar 40 menit, akhirnya diputuskanlah mampir ke Masjid UGM. Udah lama ga kesini sejak ramadhan tahun kemarin.

Saat memasuki halaman masjid, kami terdiam sejenak mendengarkan sang khatib membuka khutbah (ketauan deh jumatannya agak telat), suaranya sangat kami kenal. Dengan logat santai tapi seriusnya, kami sangat kenal dengan suara itu. Dan tanpa sengaja kami berua bilang 'Ustadz Yusuf Mansyur ya?'

Di khutbah tersebut Ustadz YM membicarakan banyak isu, salah satunya tentang ada seorang yang dulunya saat mahasiswa dikenal ranin ibadah, eh sekarang menulis buku tentang bolehnya menikah antar agama, tentunya dengan atas nama hak asasi manusia. Tema lain yang diangkat adalah emosinya Munarman FPI yang pagi harinya libe di TVOne yang tidak bisa kontrol emosi sampai menyiram lawan bicaranya dengan air teh. Ustadz YM menyayangkan semua hal tersebut itu karena seperti tidak mencerminkan islam yang sesungguhnya.

Kemudian ada juga tema yang diangkat yaitu tentang pernikahan sesama jenis yang sudah dilegalisasi di Amerika, yang menurut prediksi Ustadz YM pasti isu tersebut akan masuk ke Indonesia. Semoga keluarga kita selalu dalam rahmat dan lindungan Allah swt.

Untuk tema yang pertama dan kedua di atas, kenapa bisa sampai seperti itu, padahal obyeknya adalah seorang muslim yang dulu (mungkin sekarang juga) sangat ranin mengaji, beribadah. Islam sudah mengatur hal itu semua. Jangankan pernikahan, buang air kecil saja diatut oleh islam.

Setelah khutbah, Ustadz YM megimami kami sholat jumat. Subhanallah surat-surat pendek yang dibaca beliau dilantunkan sangat indah. Padahal yang dibaca itu bukan surat pendek, sangat panjang sampai sholat 2 rokaatpun sekitar 10 menit. Alhamdulillah saya merekam khutbah beliau sampai salam sbolat jumat. Rasanya kurang panjang bacaan surat pendeknya.

Mungkin (menurut saya) bacaan imam-imam harus dibawa seindah mungkin agar pada saat sholat kita ga merasa bosan, dan malah bikin ketagihan sholat berjamaah dengan sang imam. Sayangnya saya ga sempat berjabat tangan dengan beliau seperti saat saya bertemu Ustadz YM beberapa bulan lalu di Hotel Ritz Yogyakarta.

Semoga dikemudian hari saya bisa mendengarkan bacaan Al Qurannya yang lebih panjang lagi melalui sholat.

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar.


Comments

Popular posts from this blog

Ketika Anak Bertanya Tentang Allah

Allah itu Siapa?
Utamanya pada masa emas 0-5 tahun, anak-anak menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan, yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi “tak mau tahu” alias ignoran, hehehe).
Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya…
Berikut ini saya ketengahkan beberapa pertanyaan yang biasa anak-anak tanyakan pada orang tuanya: Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Tanya 2: “Bu, Bentuk Allahitu seperti apa?” Tanya 3: “Bu, Kenapa kita gak bisa lihat Allah?” Tanya 4: “Bu, Allah itu ada di mana?” Tanya 5: “Bu, Kenapa kita harus nyembah Allah?”
Tanya 1: “Bu, Allah itu apa sih?” Jawablah: “Nak, …

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…