Skip to main content

Posts

Showing posts from 2015

Sambal Pecel OBONX

Alhamdulillah, akhirnya keturutan juga ngeluarin produk asli Nganjuk lagi. Kali ini berupa sambel pecel. Produk ini sudah beberapa bulan lalu ingin saya produksi. Tapi waktu itu masih fokus melakukan pembenahan pada produk saya sebelumnya, yaitu bawang goreng

Sejak tanggal 17 Desember 2015, akhirnya resmi muncul Sambel Pecel OBONX

Kenapa saya mengeluarkan produk sambel pecel?
Karena di kota saya, Nganjuk, banyak sekali penjual nasi pecel. Di sepanjang Jalan Ahmad Yani, setiap malam berjejer puluhan pedagang nasi pecel. Dan memang, menurut para pembeli baik dari dalam Nganjuk maupun dari kota-kota lain, nasi pecel Nganjuk memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya. Dan hampir semua mengatakan bahwa nasi pecel Nganjuk adalah nasi pecel paling enak dibandingkan dengan kota-kota lain.

Sambal Pecel OBONX, saat di launching, memiliki 3 warna yang berbeda. Merah, Kuning, dan Hijau. Kenapa berbeda, saya memberikan 3 pilihan rasa.

Warna Hijau, memiliki rasa original (tidak peda…

YUK - Young Entrepreneur Nganjuk

Sebuah komunitas yang beranggotakan anak-anak muda dari Nganjuk Jawa Timur, yang memiliki kegiatan wirausaha akhirnya terbentuk. Setelah adanya kegiatan kopi darat, ternyata banyak juga pemuda dari Nganjuk ini yang memiliki pengalaman yang luar biasa, baik dari sisi pengalaman kewirausahaan maupun dalam hal investasi ilmu.
Berawal dari pengalaman saya setelah terjun kedunia wirausaha, hampir setiap kali bertemu dengan para pelaku ukm Nganjuk, ternyata saya merasa paling muda. Ngobrol dengan beberapa pelaku ukm tersebut kadang ga nyambung, karena perbedaan usia yang cukup signifikan. Contohnya, ada yang tanya, kenapa Bawang Goreng Nabati saya bisa berada di luar negeri, padahal baru memulai usaha belum ada 1 tahun. Lalu saya jawab dari online. Dan mualilah per-bingung-an terjadi. Apakah online itu, apakah facebook itu, dan lain-lain.
Selanjutnya, ditambah lagi dengan pengalaman pelatihan yang diadakan oleh instansi-instansi pemerintah daerah. Banyak bermanfaat, namun isinya itu-itu sa…

Jadi Artis Lokal Sehari

Tanggal 1 Desember kemarin, whatsapp saya bunyi dari pagi, tang ting tung tang ting tung. Tapi memang ga sempat buka, karena saya ada janji dengan seseorang di Kediri.
Anak istri juga ikut ke Kediri, jadinya persiapannya lebih banyak dan hampir ga sempat buka hp. Pukul 8 lewat dikit akhirnya saya berangkat ke kota tahu itu.
Sesampai di sana, langsung ketemu dengan seseorang tersebut. Dan saat jabat tangan, dia bilang 'ciyeeeee masuk koran'
Wah, berasa jadi artis nih. Padahal saya sendiri juga belum baca apa beritanya. Setelah kita meeting kecil di ruang meeting besar, dia menyerahkan koran tersebut pada saya. Jepret, jepret, langsung saya foto. 

Saya teringat beberapa tahun yang lalu juga baca di Kedaulatan Rakyat, saya juga pernah masuk koran, ada foto saya tapi beritanya fokusnya bukan ke saya.
Saya juga ingat 4 tahun yang lalu saya juga masuk dalam majalah kantor dulu tempat saya kerja, tentang employee of the month dan juga alhamdulillah termasuk The Most Contribute Employ…

Filosofi Pohon Bambu

Kita pasti tahu pohon bambu.. Pohon ini begitu indah sekaligus kuat ....dan sering dijadikan sbg penghias di kebun yg mewah, atau akarnya bisa menjadi menu makanan favorit, batangnya bisa sbg bahan kerajinan dan atau bahan bangunan, bahkan daunnya bisa dijadikan ramuan obat2an. Jika anda termasuk orang yang tidak sabar menunggu pertumbuhan sebuah tanaman, mungkin pohon bambu tersebut sudah menjadi korban anda.
Tahukah anda bahwa pohon bambu tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 5 tahun pertama !!! Walaupun setiap hari disiram dan diberikan pupuk., Tumbuh pun hanya beberapa puluh cm saja. Namun setelah 5 th, maka pertumbuhan pohon bambu tidak dapat dibendung, ia tumbuh begitu dahsyat dan ukurannya bukan lagi cm melainkan meter. Dan itu hanya terjadi dalam hitungan minggu !!!
Sebetulnya apa yang terjadi pada sebuah pohon bambu?
Ternyata, selama 5 tahun pertama, ia mengalami pertumbuhan dahsyat pada akar, dan bukan pada batang. Pohon bambu sedang menyiapkan pondasi yang sang…

Ada Banyak Doa Untuk Pengusaha

Pengusaha, sebuah kata / pekerjaan yang sampai saat ini masih didengar mewah. Kenapa, karena menurut data statistik, di Indonesia jumlah pengusaha hanya 1,65% dari total penduduk Indonesia. Kenapa Indonesia masih minim dengan jumlah pengusaha? Mungkin banyak yang masih takut atau bingung mulai dari mana, mau usaha apa.
Jangan khawatir, just do it saja. Ada lebih dari 250 juta penduduk Indonesia yang berpotensi membeli produk kita, apapun itu. Dan saya sampai detik ini sangat yakin bahwa setiap barang dagangan itu memiliki jodohnya sendiri
Sekali lagi, just do it.
Mungkin ada yang masih ingat, bagaimana saya bisa memulai bisnis Bawang Goreng Nabati yang mulai saya tulis di blog ini pada bab Saya Pensiun Dini. Saya mengajukan resign dari kantor dimana saya sudah 7 tahun mengabdi tanpa tau setelah resign mau ngapain. Tapi saat itu sudah tau bahwa saya mau membuka usaha, dan sayangnya saya tidak tau mau usaha apa. Saya hanya just do it, saya harus resign. Edan kata orang-orang.
Secara …

Kecerdasan Financial

Introspeksi yuk... Baca sampai habis. Menarik lho...
Malam ini kita belajar ya, saya akan berbicara tentang KECERDASAN FINANSIAL.
Konon KECERDASAN itu ada banyak sekali, ada KECERDASAN EMOSIONAL, ada juga Kecerdasan Intelektual, ada pula Kecerdasan Spiritual, dan masih banyak lagi kecerdasan yang lain...
kita sudah sering dengar tentang IQ, EQ, SQ... namun malam ini, saya akan mengajarkan tentang prinsip dasar KECERDASAN FINANSIAL...
Apaan itu KECERDASAN FINANSIAL ?
itu bukan semacam makanan yang terbuat dari Tepung dan isinya pisang hee....
Katanya ni, kalau orang yang IQ nya tinggi maka dia Pinter, mampu mengingat banyak hal, dan bisa membedakan satu benda dengan benda yang lain dengan baik.... Pinter.
kalau EQ nya tinggi, maka dia Dewasa, secara Emosi akan stabil.... mungkin bahasa kita orang yang EQ nya tinggi orang yang Bijaksana lah kira kira :)
kalau SQ nya tinggi, ini orang yang tingkat spiritualnya baik... ibadah2 nya baik, pemahaman agamanya baik, dan lain2nya....
tapi apa …

Awas Gerakan 1821 Dapat Mengubah Kehidupan Keluarga Kita

Pernah dengar tentang pergerakan 1821?  Kalo saat jaman SD atau SMP 1821 kita taunya adalah tahun dimana terjadinya perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, gara-gara Belanda ikut campur dalam perselisihan antar saudara di sana. Nah karena perang ini mengakibatkan perokonomian di daerah sana menjadi merosot. Gara-gara perang saudara, lalu direcokin oleh pihak ketiga, makin memperpuruk suasana waktu itu. Namun alhamdulillah akhirnya para saudara-saudara tersebut sadar, dan akhirnya bersatu untuk melawan pihak ketiga itu, Belanda.
OK, lebih lanjut saya tidak membahas Perang Padri :p

Beberapa minggu terakhir ini, saya dan istri menjalankan sebuah program. Program yang cukup berat bagi saya. Yaitu program 1821.

Apa itu program 1821 ? Program ini adalah program tanpa gadget pada pukul 18.00 sampai 21.00. Tepat pukul 18.00 kami sepakat untuk menyingkirkan HP, mematikan televisi.
Kenapa bagi saya ini berat?
Karena saat ini memiliki bisnis onlineshop Bawang Goreng Nabati dimana semua akt…

Inspirasi Awal Tahun

Inspirasi diawal tahun hijriah ini, semoga apa yg kita rencana bisa kita capai dgn maksimal. Amiin
Kadang-kadang ada sahabat yang suka traktir kita makan, bukan karena mereka sok kaya tapi sebab mereka meletakkan persahabatan melebihi materi.
Terkadang ada sahabat yang rajin bekerja, bukan karena mereka mau tunjukkan kepandaian tapi mereka memahamii arti sebuah tanggung jawab.
Kadang-kadang ada sahabat yang memohon maaf dulu selepas berselisih faham, bukan karena mereka salah tapi sebab mereka menghargai orang di sekeliling mereka.
Kadang-kadang ada sahabat yang sukarela membantu kita, bukan karena mereka berhutang apa-apa tapi sebab mereka lihat kita sebagai seorang sahabat.
Terkadang ada sahabat yang selalu berkomunikasi lewat telpon, sms, bbm, whatsapp serta chating anda, bukan karena mereka tak ada kerja lain yang dilakukan tapi sebab mereka INGAT PADA ANDA.
Satu hari, kita semua akan berpisah sahabat, kita akan teringat berbagai perbuatan dan impian yang kita ada kita lakukan.
H…

Indonesia Wajib Militer, Saya Daftar !!!

Tadi siang saat ketemu Bapak di rumah yang sedang nonton berita, ada berita bahwa Indonesia akan memberlakukan wajib militer yang istilahnya diganti dengan bela negara.
Dengan spontan saya bilang, 'Pak saya mau nih kalo ada, Insya Allah daftar lah nanti...'
Bapak heran, kok saya mau. Lalu saya jelaskan, kalo dari dulu saya itu ingin di Indonesia ada wajib militer. Kenapa? Karena kita bisa sehat, badan kuat, ga perlu ikut nge gym hahaha. Padahal saya mau ngomong kalo dengan wajib militer kita bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, terutama untuk anak-anak muda. Biar ga mainan sosmed mulu.
Di sisi lain, wajib militer itu sama dengan olah raga. Syukur-syukur kalo di bayar ya kan? Udah dapet trainer gratis, ngajarin kita disiplin, kita jadi lebih sehat, lebih bugar, dan yang pasti akan jadi pemuda yang lebih cinta pada negara. Insya Allah...

Kalo saya pribadi, semoga ada beneran deh ini wajib militer di Indonesia. Biar kita ga jadi bangsa yang loyo. Kan katanya mensana in corporesan…

Satu atau Seribu ?

Tebak ini gambar siapa? Pasti semuanya bakal jawab 'BRUCE LEE', keliatan usianya, hahaha...
Bruce Lee, kita pasti sudah tau semua kan ya, bagaimana kemampuannya dia untuk beladiri. Karena saking hebatnya sampai main tenis meja saja dia menggunakan ruyung.
Tapi meskipun dia hebat, dia tetap sadar, bahwa masih ada langit di atas langit. Dan dia masih takut sama seseorang. Siapakah itu?
Bruce Lee, takut dengan seseorang yang memiliki 1 jurus tapi dilatih 1000 kali daripada seseorang yang memiliki 1000 jurus tapi hanya dilatih 1 kali.
Artinya apa? Bruce Lee takut dengan orang-orang yang fokus, yang expert, takut sama specialist. Contoh di kehidupan kita sehari-hari. Kalo kita ada gangguan dengan telinga kita, pastinya kita akan memilih ke dokter THT daripada dokter umum kan. Dan biasanya tarif dokter spesialis jauh lebih mahal daripada dokter umum. Bener apa bener?
Begitu juga dalam dunia usaha. Saya lebih suka disebut dengan 'si anak bawang' daripada disebut 'si anak …

Selamat Jalan KARTU KREDIT

Bagi Anda yang sangat ingin sekali (sudah sangat masih ditambah sekali) mendapatkan kartu kredit, saran saya, berpikirlah seribu kali. Kenapa? Karena saya pernah di posisi Anda.
Dulu sekitar tahun 2008 saya sangat ingin mendapatkan kartu kredit. Kenapa? Karena selain banyak diskon dengan kartu sakti setan itu, kita juga terasa lebih enteng untuk membeli barang. Sampai-sampai saya punya pedoman 'hari gini cash, nyicil aja lebih enak'.

Saya mencoba apply setiap ada tawaran aplikasi kartu kredit di mall-mall. Berkali-kali ditolak sampai akhirnya aplikasi saya diterima oleh beberapa bank. Seneng bukan main. Saya langsung belanja ini itu. Dikit-dikit gesek.

Namun setelah beberapa tahun, saya akhirnya sadar. Kartu kredit telah merubah pola hidup saya. Jadi seorang yang punya banyak hutang. Pernah nyicil sampai setahun ga lunas-lunas, padahal nominal hutangnya ga sampai 1 juta lho, hahaha.

Dan akhirnya, dengan penuh perjuangan disertai dengan rayuan para call center bank-bank itu, s…

Berdagang (Bisnis) Itu Menyehatkan

Beberapa bulan terakhir ini, aktifitas saya adalah murni sebagai seorang pedagang. Pedagang kebutuhan meja makan, yaitu BawangKita. Dalam perjalanannya itu saya mendapati berbagai pengalaman yang selama ini jarang saya rasakan.
Setelah mengakhiri rutinitas saya sebagai karyawan selama 9 tahun itu, saya lebih sering berada di rumah. Bersama istri terutama. Dan alhamdulillah saat ini sudah diberi amanah untuk mendidik si buah hati, Nabila Syifa Azzahra. Dan saya memiliki banyak waktu bersama mereka, melihat perkembangan buah hati hampir tiap detik.
Selain hal tersebut pula, ada yang hal yang tidak kalah penting. Saya semakin terjalin silaturahim, terutama dengan teman-teman saya yang telah lama tidak komunikasi. Temen seangkatan saat SD, SMP, SMA bahkan teman saat saya kuliah di Surabaya maupun Jakarta, kembali tersambung. Silaturahim dengan tetangga sudah mulai sering. Dahulu sampai saya menyebut diri saya sendiri sebagai orang yang tidak bertetangga, karena saya harus berangkat kerja…

2015, Ramadhan Terindah

Marhaban Ya Ramadhan...
Ramadhan kali ini bagi saya adalah ramadhan terindah dari pada 10 tahun terakhir ini. Bagaimana tidak, banyak anugerah yang saya dapatkan di bulan ini, yang membuat saya sampai meneteskan air mata bahagia.
Ramadhan ini, saya bisa full beribadah, 1 rumah dengan istri saya, tiap hari ketemu orang tua dan keluarga lain, karena apa? Karena saya sudah diberi keberanian untuk menjadi wirausahawan. Saya tak lagi dikendalikan waktu, tapi saya yang mengendalikan waktu. Dan saya sampai sekarang masih belajar.
Kedua, saya dipertemukan berbagai kelompok baru, terutama dalam dunia bisnis. Ketemu anak2 muda yang hampir semuanya sukses di usia yang masih jauh di bawah saya. Dan juga ketemu sama teman2 alumni SMA yg 1 angkatan, mereka semua memberikan semangat membuat private group untuk menyelesaikan ibadah ODOJ. Selama ini saya ga mampu, namun sekarang alhamdulillah terasa sangat mudah (meski beberapa kali terseok-seok).
Ketiga, nikmat yang luar biasa diberikan Allah swt, ya…

HOT!!! Cara Tercepat Dapetin Duit Halal

Duit, atau uang, semua orang pasti membutuhkannya. Termasuk Anda juga bukan? Nah kali ini saya akan sharing pengalaman saya dapetin duit dengan cepat dan halal, Oiya, baca sampe tuntas ya, ini bukan bahas MLM :))

Coba sebutkan ada berapa cara dapetin duit halal, ingat yang HALAL.
.
.
.
.
.
.
.


Nah saya rasa jawaban pembaca bener semua. Yuk kita bahas satu persatu jawaban dari temen-temen semua.

1. Kerja Kantoran.
Nah ini bener. Kerja kantoran bisa dapet duit, karena tiap bulan dapet gaji. Nyaman... Tapi dapetnya nanti nunggu akhir/awal bulan (sebulan sekali)

2. Dapetin Project
Biasanya dengan ikut project, duit yang didapet jauh lebih besar dari pada jadi karyawan. Tapi kalo ngandalin project, dapetnya lama. Harus ikutan tender dulu misalnya, dan kalo sudah dapet projectnya, biasanya duitnya cair full setelah project selesai 100%. Berapa lama dapetnya? Ya tergantung seberapa cepat projectnya selesai atau sesuai dengan perjanjiannya.

3. Investasi
Investasi ini juga hampir sama dengan proj…

Alasan Anda Harus Bisnis Online

Kali ini saya akan bahas tentang pengalaman berbisnis online. Asik lho, seru...
Tau ga, berapa jumlah tingkat kelulusan mahasiswa sarjana pada tiap tahunnya? Tau ga, berapa jumlah industri atau perusahaan baru tiap tahunnya? Tau ga, berapa tenaga kerja baru yang terserap pada perusahaan itu tiap tahunnya? Pastinya sudah dapat mengira-ngira kan, bagaimana persaingan untuk masuk ke dunia kerja, sampai-sampai para sarjana tersebut rela ilmu yang ditempuh selama bertahun-tahun itu ‘dibuang’. Contohnya seorang sarjana dari teknik pertanian yang akhirnya rela untuk menjadi seorang sales di sebuah bank.
Banyak dari kita yang secara tidak langsung sudah terdoktrin untuk harus menjadi seorang karyawan, dibandingkan seorang wirausahawan. Kenapa? Karena sudah diliputi rasa takut untuk memulai. Bisa disebabkan karena merasa ga bisa jualan, ga punya modal, dan lain sebagainya. Hei !!! Wakeup bro !!! Mumpung masih muda dan punya tenaga, yuk jadi wirausaha. Sekarang ini jaman sudah canggih, semua orang baw…

Kehidupan Baru Telah Dimulai

Hari ini 11 April 2015, saya merasa kehidupan baru saya telah dimulai. Kenapa? Seperti artikel saya beberapa waktu yang lalu tentang alasan kenapa saya memutuskan untuk pensiun dari karyawan.
Ya, adik perempuan saya hari ini tadi pukul 17.45WIB, resmi ikut sang suami ke Jakarta untuk menjadi istri yang baik. Adik saya yang selama ini satu-satunya yang menemani orang tua saya. Sedih? Pastinya.
Bapak dan Ibu saya, termasuk saya juga, tidak mau menghalangi adik saya untuk meraih surga bersama suaminya. Karena memang itulah kodrat orang tua memiliki anak wanita. Wanita yang telah menikah menjadi milik suami, dan harus patuh pada suami.
Hal ini mengingatkan saya pada sebuah kisah yang pernah saya baca, tapi saya lupa sumbernya. Kisahnya seperti ini :
----------- Pilih aku, atau Ibumu  ----------- Pagi-pagi sekali, Sarah mengetuk pintu rumah ibunya. Ia menggendong anaknya dan membawa satu tas besar di tangan kanannya. Dari matanya yg sembab dan merah, ibunya sudah tahu kalau Sarah pasti habis …

Cara Ampuh Mengatasi Macet

Pernah ngerasain macet? Pasti pernah lah ya... Saat ini hampir semua kota sudah merasakan yang namanya macet. Kota kecil seperti Nganjuk juga terkadang mengalami kemacetan lalu lintas. Apalagi Jakarta, udah jangan tanya lagi, kota termacet di dunia mungkin tuh.
Dahulu, kita atau orang tua kita mungkin masih belum merasakan kemacetan lalu lintas. Kadang kita pengen kembali merasakan suasane kehidupan seperti dahulu. Ga hanya kondisi lalu lintas, mainan, pola hidup dan lain lain, kadang kita pengen seperti dulu. Generasi 90an lah, atau bahkan lebuh tua dari itu. Sepertinya kehidupan waktu itu lebih humanis, lebih ramah dari pada saat ini.
Nah kenapa kita ga mengimplementasikan kondisi kehidupan jaman itu ke kondisi saat ini untuk kondisi lalu lintas kita? Kalo saya jadi Pak Ahok, yang terkenal dengan kebijakan melawan arus, sekalian saja saya nerapin ide saya ini. Mengembalikan pada kondisi lalu lintas beberapa puluh tahun yang lalu.
Kenapa dulu ga ada macet? Karena hanya sedikit motor…